Breaking News:

Papua Rusuh

Jemaah Haji Asal Papua Serentak Berdoa Untuk Kedamaian Tanah Papua

Serangkaian kerusuhan yang terjadi di Papua membuat juga didengar oleh jemaah haji asal Papua yang sedang berada di tanah suci

tribunnews.com/Muhammad Husain Sanusi
KH Umar Bauw Al Bintuni, Ketua MUI Papua, Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Serangkaian kerusuhan yang terjadi di Papua membuat juga didengar oleh jemaah haji asal Papua yang sedang berada di tanah suci, Makkah Al Mukarromah.

“Kami sudah mendengar informasi yang berkembang di Tanah Air, khususnya di Papua terkait kasus yang terjadi di Surabaya, Malang, dan Semarang sementara terjadi gelora di Papua, di Manokwari gedung dibakar dan terjadi demo besar-besaran, sudah turun ke jalan,” kata KH Umar Bauw Al Bintuni, Ketua MUI Papua yang juga Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesi (TPIHI) di Makkah, Senin (19/8/2019).

Jemaah haji Indonesia yang berasal dari sebanyak 4 kloter, mereka tergabung dalam kloter Embarkasi Makkassar. Mereka berdoa semoga Allah memberikan hidayat rahmat kepada Tanah Papua sehingga tidak terjadi hal-hal lebih daripada yang tidak diinginkan bersama.

“Yang kedua bahwasanya kami semua di sini serentak dari pagi mendengar berita, kami berdoa semuanya semoga Tanah Papua dilindungi oleh Alloh swt dari segala bencana yang lebih yang tidak kita inginkan bersama-sama. Dan senantiasa berada dalam ridho Allah,” kata Umar Bauw.

Dari Tanah Haram, Umar Bau mengimbau kepada seluruh masyarakat yang ada di Tanah Papua Indonesia bahwasanya jemaah haji juga ikut prihatin dengan apa yang terjadi di Papua.

“Tapi perlu kita sadari bahwa semua kasus atau persoalan terjadi didasari oleh sikap dan perilaku yang harus sesuai dengan hukum yang ada sehingga memang siapapun yang melakukan semua kesalahan harus diproses sesuai dengan hukum dan kita,” katanya.

“Mari kita tidak bertindak melampaui batas-batas hukum yang ada sebagai manusia insan yang beriman maka lebih mengedepankan iman yang ada di dalam hati apalagi Papua telah terkait sangat erat kaitannya dengan keimanan maka ini sangat penting sekali bahwa sikap perilaku manusia harus lebih mengedepankan rasa keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa,” katanya lagi.

Ketua MUI Papua ini juga berharap agar semua tetap menjaga keimanan yang ada di hati. “Sebab ketika mereka melepaskan rasa keimanan dalam hati maka yang terjadi bukanlah harapan suatu keindahan tapi merupakan suatu kehancuran,” katanya.

(Tribunnews.com/ Muhammad Husain Sanusi Dari Makkah)

Editor: Yudhi Maulana Aditama
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved