Breaking News:

Papua Rusuh

Sudah Bertelepon, Khofifah Akan Bertemu Gubernur Papua dan Aliansi Mahasiswa Papua di Jatim

Pertemuan tersebut nantinya diharapkan bisa meredam apa yang kini menjadi pemicu gejolak di warga masyarakat Papua.

Editor: Yudhi Maulana Aditama
KONTRIBUTOR KOMPAS TV/ BUDY SETIAWAN
Aksi blokade jalan oleh masyarakat Papua di Manokwari, terhadap tindakan rasisme yang terjadi terhadap mahasiswa Papua di Surabaya (kiri) dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyebut, Gubernur Papua akan datang ke Provinsi Jawa Timur dan akan bersama-sama bertemu dengan para Mahasiswa Papua yang ada di Jawa Timur.

Hal itu disampaikan oleh Gubernur Khofifah seusai koordinasi dan telepon dengan Gubernur Papua dan juga Gubernur Papua Barat, Senin (19/8/2019).

"Saya sudah telepon Gubernur Papua. Lalu saya telepon lagi ke Wagub Papua Barat. Pak Gubernur Papua tadi sampaikan beliau akan ke Jawa Timur ketemu bersama mahasiswa Papua," kata Gubernur Khofifah.

Pertemuan tersebut nantinya diharapkan bisa meredam apa yang kini menjadi pemicu gejolak di warga masyarakat Papua.

Namun begitu, Gubernur Khofifah belum menyebutkan kapan pastinya Gubernur Papua akan bertandang ke Jawa Timur bertemu dengan para mahasiswa yang ada di Malang atau Surabaya.

"Dalam telepon itu saya juga mengawalinya dengan meminta maaf atas nama pemerintah provinsi Jawa Timur. Kalau ada pernyataan warga Jatim yang personal diucapkan secara spontan dan menjadi sesuatu yang sensitif, saya pastikan itu personal bukan atas nama warga Jawa Timur," tandasnya.

Selain itu ia juga memberikan jaminan pada seluruh mahasiswa Papua yang sedang menempuh pendidikan di Jawa Timur bahwa mereka dalam kondisi aman dan terlindungi.

Pemerintah akan memberikan perlindungan pada mahasiswa Papua yang ada di Jawa Timur sehingga bisa menyelesaikan pendidikan yang tengah ditempuh dengan tenang dan nyaman.

"Saya ingin sampaikan garanti seluruh mahasiswa Papua yg sedang kuliah di Jatim mereka akan terjaga keamanannya mereka akan terlindungi. Saya berharap mereka tetap melanjutkan studinya dengan baik," tegasnya.

(Surya/Fatimatuz Zahroh)

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved