Papua Rusuh

Wakil Wali Kota Malang Siap Jelaskan Pernyataan soal Isu Memulangkan Mahasiswa Papua ke Mendagri

Selain itu, Sofyan Edi Jarwoko menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Malang tidak akan mengeluarkan opsi pemulangan.

Wakil Wali Kota Malang Siap Jelaskan Pernyataan soal Isu Memulangkan Mahasiswa Papua ke Mendagri
KOMPAS.COM/ANDI HARTIK
Wali Kota Malang Sutiaji, Wawali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko dan Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri usai makan siang bersama mahasiswa asal Papua di salah satu rumah makan di Kota Malang, Selasa (20/8/2019). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko mengaku siap jika dipanggil oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo.

Sofyan Edi Jarwoko mengatakan akan menjelaskan terkait pernyataannya yang dianggap memunculkan opsi memulangkan mahasiswa asal Papua di Kota Malang yang bentrok dengan warga beberapa waktu lalu.

"Saya ini tahunya (akan dipanggil) dari media. Kalau seandainya memang diminta, diundang, kita siap akan jelaskan. Dari awal hingga akhir kronologinya seperti apa dengan data yang ada. Kewajiban kita seperti itu," katanya usai makan siang bersama sejumlah mahasiswa asal Papua di salah satu rumah makan di Kota Malang, Selasa (20/8/2019).

Sofyan Edi Jarwoko sebelumnya membantah bahwa telah menyampaikan opsi pemulangan mahasiswa asal Papua yang terlibat bentrok dengan warga.

Selain itu, Sofyan Edi Jarwoko menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Malang tidak akan mengeluarkan opsi pemulangan.

"Tadi kan sudah jelas saya sampaikan bahwa menggarisbawahi apa yang ditegaskan oleh Bapak Wali Kota bahwa di Malang tidak ada pemulangan, jelas," ungkapnya.

Pada Kamis (15/8/2019), mahasiswa asal Papua yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) terlibat bentrok dengan warga di Perempatan Rajabali, Kayutangan, Kota Malang.

Saat itu, mahasiswa Papua hendak melakukan aksi di depan Balai Kota Malang.

Pada Senin (19/8/2019), aksi massa terjadi di sejumlah daerah di Papua dan Papua Barat.

Bahkan, kerusuhan sempat terjadi di Manokwari.

Aksi itu salah satunya dipicu oleh pernyataan Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko yang dianggap melontarkan opsi pemulangan terhadap mahasiswa asal Papua yang terlibat bentrok.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, tidak mengetahui kapasitas Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko saat menyampaikan ada opsi pemulangan terhadap mahasiswa asal Papua yang ada di Malang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Wakil Wali Kota Malang Siap Jelaskan Pernyataan soal Mahasiswa Papua ke Mendagri"

Penulis : Kontributor Malang, Andi Hartik

Editor: Vivi Febrianti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved