Kurangi Plastik, Forum Kampung Ramah Lingkungan Ubah Sampah Plastik Menjadi Kerajinan Unik

Ia bersama Forum Kampung Ramah Lingkungan melakukan pembinaan ditingkat RW di Kecamatan Bojonggede untuk aktif berkecimpung dalam kegiatan positif.

Kurangi Plastik, Forum Kampung Ramah Lingkungan Ubah Sampah Plastik Menjadi Kerajinan Unik
TribunnewsBogor.com/Yudistira Wanne
Fasilitator Lingkungan Hidup Kecamatan Bojonggede 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Yudistira Wanne

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOJONGGEDE - Forum Kampung Ramah Lingkungan di Bojonggede Kabupaten Bogor mampu mengubar sampah plastik menjadi kerajinan tangan yang unik dan bernilai ekonomis.

Fasilitator Lingkungan Hidup Kecamatan Bojonggede, Hevon mengatakan saat ini ia bersama masyarakat seluruh desa dan dusun yang ada di Kecamatan Bojonggede tengah fokus menjadikan kampung ramah lingkungan.

Bersama Forum Kampung Ramah Lingkungan, Hevon dkk terus melakukan ataupun memilih sampah organik dan non organik untuk dijadikan suatu hal yang mempunyai nilai jual meskipun berasal dari limbah.

"Setiap kampung ramah lingkungan itu ada bank sampah. Jadi dari situ dikumpulkan dan didaur ulang menjadi produk-produk kerajinan. Bukan hanya dari sampah non organik saja sih. Potensi kita kembangkan," ujarnya kepada TribunnewsBogor.com, Kamis (22/8/2019).

Ia bersama Forum Kampung Ramah Lingkungan pun aktif membina perwakilan yang ada ditingkat RW disetiap Kecamatan Bojonggede untuk aktif berkecimpung di dalam kegiatan positif ini.

"Saya juga membina RW di Bojonggede untuk menjadi kampung ramah lingkungan, kampung yang dapat memilah sampah dari organik dan non organik terus memperhatikan penghijauan dan penataan lingkungan dan sanitasi," jelasnya.

Kegiatan positif yang dilakukan Forum Kampung Ramah Lingkungan disambut positif warga masyarakat.

Hevon menjelaskan bahwa setiap kali sosialisasi dilakukan, warga masyarakat sangat antusias untuk aktif dan turut ambil bagian dalam menjaga dan melestarikan lingkungan.

"Antusias sekali ya masyarakat. Kemarin saya melakukan sosialisasi di Kelurahan Pabuaran dan banyak ibu-ibu yang ingin menjadi pilot project buat pengolahan sampah," ucapnya.

Ia pun berharap agar masyarakat semakin sadar akan dampak negatif dari penggunaan plastik.

"Harapannya sih masyarakat semakin sadar bahwa plastik itu sangat berdampak buruk bagi lingkungan. Ini salah satu hal yang kita tekankan juga dalam setiap sosialisasi," pungkasnya.

Penulis: Yudistira Wanne
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved