Launching Inovasi Balitbangtan, Kebalkan Bioplastic yang Bisa Terurai Dalam Waktu Dua Bulan

Inovasi tersebut merupakan jawaban atas tantangan pertanian global dan nasional saat ini hingga masa depan nanti

Launching Inovasi Balitbangtan, Kebalkan Bioplastic yang Bisa Terurai Dalam Waktu Dua Bulan
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Amran Sulaiman 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Balitbangtan luncurkan produk-produk inovasi hasil litbang terkini di Auditorium Ir. Sadikin Suminta Wikarta, Jalan Tentara Pelajar, Kota Bogor, Kamis (22/8/2019).

Kegiatan itu juga turut dihadiri oleh Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Kepala Badan Litbang Pertanian Fadjry Djufry dalam sambutannya mengatakan Inovasi tersebut merupakan jawaban atas tantangan pertanian global dan nasional saat ini hingga masa depan nanti

Djufry mengatakan bahwa ada tiga kelompok produk-produk inovatif hasil litbang terkini

Diantaranya adalah produk litbang nanoteknologi, biofortifikasi, dan bioteknologi.

"Kita juga mulucurkan sebuah kemasan ramah lingkungan bioplastik dan biofoam nanoselulosa dari limbah pertanian sebagai alternatif kemasan konvensional," katanya.

Fadjry menjelaskan bahwa keunggula bioplastic yang baru diluncurkan ini adalah mudah terurai secara alami dalam waktu sekitar 60 hari.

"Iya jadi penggunaan limbah pertanian sebagai bahan baku nanoselulosa mampu mengurangi pencemaran akibat limbah yang tidak tertangani dengan baik.

Mesmi harganya cukup mahal berkisar Rp 700 hingga Rp 2000 rupiah namun bioplastic tersebut bisa ikut melestarikan limgkungan.

"diharapkan ke depan ada intervensi pemerintah untuk bisa menurunkan harga bioplastic agar bisa bersaing dengan produk plastik konvensional, biofoam merupakan kemasan alternatif pengganti styrofoam yang terbuat dari bahan baku alami, yaitu pati dengan tambahan serat (nanoselulosa limbah pertanian seperti jerami) untuk memperkuat strukturnya. Produk biofoam ini bisa terurai kurang dari 2 bulan bila dibuang ke lingkungan,"ujarnya.

Fadjry menambahman bahwa produk litbang lain yang diluncurkan yaitu padi biofortifikasi varietas Inpari IR Nutri Zinc yang memiliki kandungan Zn tinggi dan dapat membantu mencegah dan meminimalisasi masalah stunting.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved