Polisi Ungkap Apoteker Sudah Tahu Obatnya Kedaluwarsa, Ini Penyebab Bisa Diberikan ke Ibu Hamil

Kasus obat kedaluwarsa yang diberikan kepada ibu hamil oleh petugas Puskesmas Kamal Muara, Jakarta Utara kini masih diselidiki pihak kepolisian.

Polisi Ungkap Apoteker Sudah Tahu Obatnya Kedaluwarsa, Ini Penyebab Bisa Diberikan ke Ibu Hamil
Kolase KOMPAS.COM/JIMMY RAMADHAN AZHARI/Warta Kota/Luthfi Khairul Fikri
Kasus pemberian obat kedaluwarsa kepada ibu hamil oleh Puskesmas Kamal Muara, Jakarta Utara kini masih ditangani pihak kepolisian 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Kasus obat kedaluwarsa yang diberikan kepada ibu hamil oleh petugas Puskesmas Kamal Muara, Jakarta Utara kini masih diselidiki pihak kepolisian.

Pihak Polres Metro Jakarta Utara menelusuri terkait adanya dugaan unsur keengajaan dalam kasus obat kedaluwarsa tersebut.

Hingga kini, pihak Polres Metro Jakarta Utara telah memeriksa tiga orang dari pihak puskesmas kelurahan itu, dan pihak para pelapor.

Ketiga pihak puskesmas yakni dr. Agus Ariyanto Haryoso selaku Kepala Puskesmas Kecamatan Penjaringan yang membawahi Puskesmas Kelurahan Kamal Muara.

Petugas lain yang diperiksa adalah Kepala Puskesmas Kelurahan Kamal Muara Lisbet Marpaung, dan apoteker Puskesmas Kelurahan Kamal Muara atas nama HAR.

Dikutip dari Warta Kota, Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Budhi Herdi Susianto mengatakan dugaan kesengajaan akan ditelusuri dari fakta dan barang bukti yang diterima pihak kepolisian.

Salah satu fakta yang ditelusuri adalah tanggal kedaluwarsa obat berjenis vitamin B6 yang diterima korban.

Pada kemasan obat, tanggal kedaluwarsa tercantum sejak April 2019, sementara obat diberikan kepada korban di periode Juli-Agustus.

"Waktu sekitar empat bulan cukup lama jadi yang dikonsumsi itu kan biasanya tiga strip yang diberikan tiap kali kontrol,” jelasnya.

Sementara itu, fakta lainnya bisa mengarah ke unsur kesengajaan yaitu terkait pemisahan obat kedaluwarsa dengan obat yang masih aman di apotek Puskesmas Kamal Muara.

Wanita Hamil Dapat Obat Kedaluwarsa dari Puskesmas Hingga Muntah-Muntah,Begini Kondisi Janin Bayinya

Masih Sering Dipakai, 3 Perlengkapan Bayi Ini Ada Masa Kedaluwarsanya Lho, Cek Ya Moms !

Makanan Kedaluwarsa Rp 1,1 Miliar di Musnahkan BPOM, Ini Lokasi Penyebarannya

Halaman
1234
Penulis: yudhi Maulana
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved