Kemarau Panjang, Anies Baswedan Minta Warga DKI Jakarta Hemat Air

Terkait langkah-langkah yang akan dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta selama musim kemarau, Anies menyatakan akan dituangkan dalam instruksi

Kemarau Panjang, Anies Baswedan Minta Warga DKI Jakarta Hemat Air
Kompas.com
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (16/8/2019).(KOMPAS.com/NURSITA SARI) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta warga DKI Jakarta bisa menghemat air pada musim kemarau ini.

Ia juga menyarankan agar warga bisa mengolah air agar bisa dipakai kembali.

"Apapun kegiatan kita, sebisa mungkin lebih hemat dalam penggunaan air. Kedua adalah gunakan saluran-saluran untuk mengolah air dengan baik sehingga air itu bisa dipakai kembali," ujar Anies di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis (22/8/2019).

Terkait langkah-langkah yang akan dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta selama musim kemarau, Anies menyatakan akan dituangkan dalam instruksi gubernur (Ingub).

 "Dan ada langkah-langkah kita, tanggal 6 kemarin sudah ada rancangannya, nanti akan muncul dalam bentuk ingub. Nanti kalau sudah ingubnya selesai, kami akan umumkan terkait dengan langkah-langkah yang akan dilakukan dengan pemprov untuk mengantisipasi kemarau panjang di wilayah Jakarta," kata dia.

"Kita memang harus mengantisipasi soal ancaman kemarau panjang yang akan dihadapi oleh berbagai wilayah di Indonesia, termasuk di belahan barat Pulau Jawa. Ini tantangan climate change, jadi kita mengalami ini semua. Karena itu di seluruh, tidak hanya Jakarta, saya rasa siapapun sudah harus lebih hemat dalam penggunaan air," ujar Anies.

Sebelumnya, BMKG mengeluarkan peringatan dini terkait musim kemarau yang juga akan dialami di Jakarta.

Wilayah-wilayah yang perlu diantisipasi adalah Gambir, Menteng, Kemayoran, Tanah Abang, Tebet, Setiabudi, Jagakarsa, Cilandak, Kebayoran Baru, Pasar Minggu, Kedoya Selatan, Grogol, Petamburan, Halim, Pulogadung, Cipayung, Cilincing, Tanjung Priok, Koja, Kelapa Gading, dan Penjaringan.

Editor: Vivi Febrianti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved