Ketua DPR RI Bakal Minta Penjelasan Aparat Keamanan Soal Insiden di Papua

DPR RI fokus pada penyelesaian baik kasus dugaan rasisme dan persekusi maupun kerusuhan di Papua.

Ketua DPR RI Bakal Minta Penjelasan Aparat Keamanan Soal Insiden di Papua
Dok.DPR
dok. DPR/Ketua DPR RI Bambang Soesatyo. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo berencana akan meminta penjelasan dari Panglima TNI dan Kapolri mengenai dugaan rasisme dan persekusi terhadap mahasiswa Papua di Jawa Timur yang berujung kerusuhan di Papua.

Pria yang akrab disapa Bamsoet itu menjelaskan DPR RI fokus pada penyelesaian baik kasus dugaan rasisme dan persekusi maupun kerusuhan di Papua.

“Kami akan meminta penjelasan baik dari Panglima TNI maupun Kapolri, yang ingin diketahui DPR RI adalah bagaimana ujung penyelesaian. Yang harus dipikirkan adalah Papua harus dijaga sebagai bagian dari Indonesia dan Indonesia tak lengkap tanpa Papua,” ungkapnya di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat, Sabtu (24/8/2019).

Bamsoet menegaskan pendekatan hukum perlu dilakukan terutama untuk mengusut dugaan tindakan rasisme dan persekusi terhadap mahasiswa Papua di Jatim yang menjadi penyebab aksi protes dan kerusuhan di Papua.

“Semuanya harus diproses secara hukum, terutama soal penghinaan.”

“Kalau memang ada pelanggaran dan tindakan pindana maka kami akan dorong kepolisian untuk menyelesaikannya secara hukum tanpa pandang bulu dan benar-benar fair,” pungkasnya.

(Tribunnews.com, Rizal Bomantama)

Editor: Damanhuri
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved