Penerapan Seven Habits di Sekolah Kreativa Bogor, Melatih Anak Berjiwa Leadership

Sekolah Kreativa yang berlokasi di Jalan Johar Raya No.38 Kedung Waringin, Tanah Sareal, Kota Bogor punya metode pembelajaran menarik untuk siswanya.

Penerapan Seven Habits di Sekolah Kreativa Bogor, Melatih Anak Berjiwa Leadership
TribunnewsBogor.com/Tsaniyah Faidah
Sekolah Kreativa 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Tsaniyah Faidah

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, TANAH SAREAL - Sekolah Kreativa yang berlokasi di Jalan Johar Raya No.38 Kedung Waringin, Tanah Sareal, Kota Bogor punya metode pembelajaran menarik untuk siswanya.

Pasalnya lembaga pendidikan ini menerapkan metode 7 habits agar siswanya dapat menjadi seorang pemimpin kelak.

Metode yang diterapkan sekolah dengan jenjang TK hingga SMP ini terinspirasi dari buku karya Stephen R. Covey berjudul Habits of Highly Effective People tentang Leader in Me.

Direktur Yasmina Foundation, Iis Istiqamah mengatakan bahwa dengan metode ini siswanya akan bisa berpikir rencana ke depan dan melatih sikap leadership dalam dirinya.

"Penerapan 7 habits ini bisa loh diterapkan ke anak TK. Anak TK juga bisa melakukan 7 habits itu," tuturnya, Sabtu (31/8/2019).

Iis menuturkan, Seven Habits tersebut antara lain, Be Proactive, Begin With the End in Mind, Put First Things First, Think Win Win, Seek First to Understand Then to be Understand.

Selain itu juga Synergize dan Gergaji.

"Gergaji di sini maksudnya manusia perlu menyeimbangkan 4 hal di dirinya yaitu pikiran, hati, jiwa, dan fisik," jelas Iis.

Sementara itu, Ketua Student Light House Team (SLHT) SMP Kreativa, Devara mengatakan, manfaat penerapan 7 habits di kehidupan sehari-harinya yakni menjadi lebih produktif, lebih teratur, dan lebih bisa merencanakan tujuan ke depan.

"Awalnya aku masih terapin di sekolah aja. Tapi karena lama-lama jadi kebiasaan, akhirnya di luar sekolah aku terapin 7 habits juga. Aku suka nempelin kertas goals di dinding kamar," ucapnya

Senada dengan Devara, Muhammad Ikhlas Setiawan selaku Ketua SLHT SD Kreativa mengaku sangat merasakan manfaat penerapan 7 habits di aktivitas hariannya.

"Aku jadi tahu mana yang jadi prioritas. Misalnya lagi ada PR tapi ada teman ngajakin main, prioritasku ngerjain PR dulu karena kalo lebih mentingin main, dampaknya nanti bisa dimarahin guru. Aku juga ngerasain kalau jadi pendengar yang baik itu enak buat cepat dekat sama orang," papar Ikhlas.

Penulis: Tsaniyah Faidah
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved