Drainase di Jalan Jalak Harupat Kota Bogor Dicor, Pengamat Sarankan Buat Sodetan

elokan besar di Jalan Jalak Harupat, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor saat ini sedang dalam revitalisasi.

Drainase di Jalan Jalak Harupat Kota Bogor Dicor, Pengamat Sarankan Buat Sodetan
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Selokan besar atau drainase di Jalan Jalak Harupat, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Senin (2/9/2019). 

Laporan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Selokan besar di Jalan Jalak Harupat, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor tepatnya di samping rumah dinas Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto saat ini sedang dalam revitalisasi.

Pantauan TribunnewsBogor.com, Senin (2/8/2019) selokan atau drainase tersebut saat ini sedang dalam tahap pengecoran.

Beberapa truk pengangkut puing pun bergantian masuk menumpahkan puing.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Bogor Sonny Rijadi mengatakan, saat ini sedang ada perbaikan saluran drainase dalam rangka peningkatan pedestrian.

"Iya kalau melihat gambarnya itu designnya memang dicor bagian atasnya, tapi untuk teknisnya bisa ditanyakan ke bagian bidangnya ya untuk detailnya," katanya.

Kementan Akan Berikan Bantuan Peralatan Praktik ke 92 SMK Binaan

Sementara itu Ketua Forum Pemerhati Jasa Konstruksi dan Pembangunan (FPJKP) Kota Bogor, Thoriq Nasution mengatakan bahwa boleh saja drainase dibuat tertutup.

Namun menurutnya perlu diperhatikan adanya sodetan atau bank kontrol untuk masuknya air dari jalan ataupun dari atas ketika hujan.

"Kalau mau ditutup perlu dibuatkan sodetan, sodetan untuk saluran air yang masuk dari jalan juga dalam jarak tertentu atau minimal 5 meter itu gharus dibuatkan bak kontrol untuk agar mudah memeriksa apabila terjadi penyumbatan, sodetan yang dibuat juga harus disesuaikan dengan kemiringan jalan agar air yang masuk ke dalam saluran akan lebih maksimal sehingga tidak terjadi genangan air di badan jalan bila hujan berhenti," ujarnya.

Sementara itu mengenai detail pembangunan tersebut TribunnewsBogor.com masih menunggu konfirmasi dari bagian pembangunan bidang jalan dan jembatan masih belum memberikan jawaban.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved