Ibu Kota Negara Pindah ke Kaltim, Wali Kota Balikpapan : Kami Tidak Ingin Jadi Penonton

Balikpapan sebagai kota yang berada dekat dengan Kalimantan Timur pun harus menyiapkan diri untuk menjadi kota penyanggah ibu kota

Ibu Kota Negara Pindah ke Kaltim, Wali Kota Balikpapan : Kami Tidak Ingin Jadi Penonton
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Wali Kota Balikpapan Rizal Efendi usai menghadiri pertemuan Wali Kota se-Indonesia di Balaikota Bogor, Senin (9/9/2019). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Pemerintah pusat sesang melakukan kajian mengenai rencana pemindahan Ibu Kota Indonesia.

Balikpapan sebagai kota yang berada dekat dengan Kalimantan Timur pun harus menyiapkan diri untuk menjadi kota penyanggah ibu kota seperti halnya Bogor, Bekasi dan Depok.

Wali Kota Balikpapan Rizal Efendi mengaku belum siap jika Kota Balikpapan akan menjadi kota penyanggah calon ibu kota Indonesia yang baru.

Namun meski demikian dirinya juga tidak ingin Balikpapan hanya bisa menjadi penonton jika nantinya pemerintah menjadikan Kalimantan Timur menjadi Ibu Kota Republik Indonesia.

"Kami belum punya pengalaman jadi ibu kota negara kalau Bogor, Depok, Bekasi sudah karena itu kita akan belajar kesana jadi kami akan belajar kesana jangan sampai kami jadi penonton ibu kota," ujarnya usai menghadiri pertemuan Wali Kota se-Indonesia di Balaikota Bogor.

Rizal juga menyinggung soal transportasi yang seharusnya ada wacana transportasi yang terintegrasi yang digagas di Balikpapan.

"Tranportasi kita sudah mulai menggagas juga kita sudah minta itu trem misalnya kereta api harusnya sudah digagas dan jalan lainnya juga digagas sebelum ibukota jadi kalau tidak Balikpapan ini jadi anu karam ya," katanya.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved