Ini Keunggulan dan Kelemahan Ban Tubeless Dibanding Ban Biasa

Meski pun pengguna ban tubeless di Indonesia sudah banyak, pengendara yang menggunakan ban dalam juga masih tidak sedikit.

Ini Keunggulan dan Kelemahan Ban Tubeless Dibanding Ban Biasa
TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Ban motor 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Ban yang digunakan kendaraan khususnya kendaraan roda dua di Indonesia dikenal terbagi dua jenis yakni ban biasa dengan ban dalam serta ban jenis tubeless.

Meski pun pengguna ban tubeless di Indonesia sudah banyak, pengendara yang menggunakan ban dalam juga masih tidak sedikit.

Salah pelaku jasa tambal ban di kawasan Cibinong, Dadan (40), mengatakan bahwa ban motor biasa dan tubeless ditambal dengan cara dan alat yang berbeda.

Di sini, ban tubeless lebih unggul dibanding ban biasa karena saat ditambal memakan waktu relatif singkat.

Sebab, ban tubeless ditambal hanya dengan ditusuk dengan jarum khusus yang diberi karet penambal tanpa harus melepas atau membongkar bannya terlebih dahulu.

"Lebih cepet ban tubeless mah, tinggal tusuk cabut, udah. Semenit bahkan bisa kurang, beres," katanya kepada TribunnewsBogor.com, Rabu (11/9/2019).

Berbeda dengan ban biasa yang mana proses penambalan bisa memakan waktu belasan menit bahkan lebih.

Sebab, saat ban dalam ditambal perlu dipanaskan dengan api serta diperlukan juga membuka dan memasang ban sehingga memakan waktu.

Selain itu, ban tubeless juga memiliki keunggulan ketika tertusuk paku yang mana ban tak langsung kempes jika paku tak dicabut hingga motor masih bisa digunakan untuk dibawa ke tempat jasa tambal ban.

Namun, ban tubeless masih memiliki kelemahan yakni terkait harga yang mana ban tubeless rata-rata di atas Rp 100 ribu, sedangkan ban biasa bisa dibeli dengan harga di bawah Rp 100 ribu.

"Kalau ban tubeless memang agak lebih mahal dari ban biasa. Mungkin karena itu juga masih banyak yang pakai ban biasa. Tapi motor keluaran baru dari pabriknya sekarang rata-rata sudah pakai ban tubeless," ungkapnya.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved