IPB Batasi Penggunaan Plastik Lewat Japas 2019, Seperti Ini Caranya

IPB University untuk mewujudkan Green Campus, salah satunya dengan mengurangi penggunaan kemasan plastik.

IPB Batasi Penggunaan Plastik Lewat Japas 2019, Seperti Ini Caranya
Humas IPB
Jalan Pagi Sehat 2019 IPB University digelar dengan peserta ribuan orang. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Gerakan pembatasan plastik mulai digaungkan di Kampus IPB University.

Dalam acara jalan pagi sehat (Japas) IPB University 2019, ribuan peserta membawa tumblr sendiri untuk bekal air minum selama mengikuti jalan sehat.

Ini dilakukan sebagai komitmen IPB University untuk mewujudkan Green Campus, salah satunya dengan mengurangi penggunaan kemasan plastik.

Puluhan ribu peserta dapat mengisi ulang air minumnya di beberapa titik pengisian.

“Kini, kita akan segera menyongsong Green Campus 2020. Maka hari ini kita sudah berhasil tidak lagi menggunakan botol minuman dan mulai menggunakan tumblr. Bukan hanya menggunakan tumblr, kita pun tidak boleh membuang sampah sembarangan dan mulai memilah-milah sampah untuk kita buang sesuai dengan jenisnya. Alhamdulillah, kini kita ada di posisi 40 besar dunia dalam nominasi The Most Sustainable University. Saya berharap bisa terus meningkatkan capaian ini hingga mampu menjadi peringkat teratas The Most Sustainable University di dunia,“ ujar Rektor IPB University, Dr Arif Satria, saat membuka Japas 2019 di Kampus Dramaga, Bogor (8/9/2019) lalu.

Kegiatan Japas ini merupakan bagian dari perayaan Dies Natalis ke 56 IPB University.

Ketua Pelaksana Dies Natalis yang juga Sekretaris Institut, Dr Ir Aceng Hidayat mengatakan Japas ini sudah 20 tahun digelar dalam rangka Dies Natalis.

“Bagi kami, ada tiga tujuan utama dari Japas ini. Pertama membudayakan hidup sehat dengan membiasakan berjalan kaki dan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Kedua ialah kita ingin membangun spirit kebersamaan dengan adanya Japas ini, adanya puluhan hadiah mulai dari sepeda, barang elektronik, hingga voucher diharapkan bisa membantu dan berbagi kebahagiaan dengan seluruh peserta Japas. Ketiga, Japas ini merupakan sarana untuk menyampaikan salah satu kebijakan strategis IPB University yaitu kebijakan Green Campus yang sudah dimulai sejak 2012. Setelah pada tahun lalu kita fokus pada Green Transportation, pada tahun ini kita bisa fokus pada pengurangan sampah plastik,” ujarnya.

Sementara itu, menurut Ketua Pelaksana Japas 2019, Dr Cahyono Tri Wibowo, Japas 2019 diikuti 10.000 peserta yang terdiri dari dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni hingga mitra-mitra institusi.

“Tema besar dari Japas 2019 yaitu Budayakan Jalan Kaki Sehat untuk Mewujudkan IPB University Green Campus. IPB University kini mulai fokus untuk melaksanakan sistem pengelolaan limbah yang baik maka kita akan memfokuskan untuk mulai membudayakan penggunaan tumblr dan juga memilah sampah organik dan non organik sebelum dibuang,” ujarnya.(*)

Editor: Soewidia Henaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved