BJ Habibie Wafat

Mengenang BJ Habibie, Orang Asia Pertama Penerima Penghargaan Penerbangan Sipil Internasional

"Pak Habibie memang insinyur hebat yang punya pemikiran yang melampaui zamannya," ujar Atase Perhubungan RI di Kanada dan perwakilan Indonesia di ICAO

Mengenang BJ Habibie, Orang Asia Pertama Penerima Penghargaan Penerbangan Sipil Internasional
Agri/Tribun Batam
Presiden ke-3 RI BJ Habibie saat berkunjung ke Batam. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Sudah banyak orang tahu Bacharuddin Jusuf Habibie merupakan tokoh Indonesia yang dikenal di dunia internasional karena keahliannya di bidang teknik, khususnya teknologi dirgantara.

Telah begitu banyak karya dihasilkan dan hak paten dibuat dalam dunia kedirgantaraan yang mencatatkan nama BJ Habibie sebagai penciptanya.

Dari sekian banyak prestasi yang diraih, hanya segelintir orang mengetahui Habibie merupakan orang Asia pertama yang tercatat namanya di kantor pusat Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (International Civil Aviation Organization/ICAO) di Montreal, Kanada.

Prestasi itu berhasil dibuat ketika Habibie memperoleh "Edward Warner Award". Tidak sembarang orang bisa mendapatkannya.

ICAO memberikan penghargaan itu kepada orang atau organisasi yang dinilai memiliki peran besar dalam industri penerbangan sipil dunia.

Seperti diberitakan Kompas.com, Kamis (17/12/2015), telah ada 39 penerima penghargaan dalam sejarah pemberian "Edward Warner Award", sedangkan Habibie merupakan penerima penghargaan ke-28 yang diberikan pada 1994.

Cerita BJ Habibie Ngotot Ingin Dimakamkan di Samping Ainun

Najwa Shihab Ungkap Kondisi BJ Habibie Beberapa Jam Sebelum Wafat: Amblas Rasanya Hati Saya

Dia dianggap layak memperolehnya karena berjasa terhadap kemajuan industri dirgantara di Indonesia dan pengembangan desain pesawat di dunia.

"Pak Habibie memang insinyur hebat yang punya pemikiran yang melampaui zamannya," ujar Atase Perhubungan RI di Kanada dan perwakilan Indonesia di ICAO, Agoes Soebagio, kepada Kompas.com, Rabu (16/12/2015).

Nama BJ Habibie sebagai penerima penghargaan Edward Warner terpajang di Markas ICAO di Montreal, Kanada, Senin (23/11/2015) (Bayu Galih/Kompas.com)

Selain Habibie, ada pula beberapa nama penting dalam sejarah dirgantara yang pernah memperoleh penghargaan serupa, seperti Igor Sikorsky yang merupakan pengembang helikopter.

Nama Charles Lindbergh juga disebutkan dalam deretan penerima penghargaan itu sebagai orang pertama yang melakukan penerbangan tunggal melintasi Atlantik Utara dari New York menuju Paris.

Adapun Edward Werner merupakan seorang perintis dirgantara yang berasal dari Amerika Serikat sekaligus menjadi pendiri ICAO.

Air Mata Habibie Saat Dibisikan Quraish Shihab, Jimly Asshiddiqie Ungkap Tanda Husnul Khotimah

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BJ Habibie, Orang Asia Pertama Penerima Penghargaan Penerbangan Sipil Internasional", .
Penulis : Erwin Hutapea
Editor : Yohanes Enggar Harususilo

Editor: khairunnisa
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved