Bukan Cuma Buang Penat, Wisatawan yang Datang ke Kawasan Gunung Pancar Juga Buang Sampah Sembarangan

Meskipun tersedia tempat sampah di beberapa titik, namun sampah-sampah masih banyak bertaburan di bawah pohon dan pinggir jalan.

Bukan Cuma Buang Penat, Wisatawan yang Datang ke Kawasan Gunung Pancar Juga Buang Sampah Sembarangan
TribunnewsBogor.com/Tsaniyah Faidah
Sampah plastik dan sterofom berserakan dikawasan wisata Hutan Pinus Gunung Pancar, Desa Karangtengah, Kecamatan Babakan, Minggu (15/9/2019) 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Tsaniyah Faidah

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BABAKAN MADANG - Indahnya wisata Hutan Pinus Gunung Pancar, Desa Karangtengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, dicemari sampah oleh tangan-tangan tak bertanggung jawab.

Wisatawan yang datang ke lokasi wisata ini bukan hanya membuang penat mereka, namun juga membuang sampah sembarangan hingga membuat lokasi wisata terlihat kumuh.

Di beberapa titik, lokasi yang seharusnya bukan menjadi tempat pembuangan sampah, justru malah bertumpuk sampah bungkusan makanan dan botol plastik.

Meskipun tersedia tempat sampah di beberapa titik, namun sampah-sampah masih banyak bertaburan di bawah pohon dan pinggir jalan.

Akibatnya, lokasi wisata yang indah tersebut seakan menimbulkan kesan tidak enak dipandang.

"Iya, masih banyak pengunjung yang suka buang sampah sembarangan. Ngeliat ada tumpukan sampah sedikit, dikiranya tempat pembuangan kali ya," tutur salah seorang penjaga warung di sekitar lokasi wisata, Mardiyah, Minggu (15/9/2019).

Padahal, berdasarkan pantauan TribunnewsBogor.com, sudah ada beberapa spanduk peringatan jika tidak menemukan tempat sampah untuk menyimpan terlebih dahulu sampah yang dimiliki.

"Masih banyak sih yang kayak gitu. Ya kalau harapannya teh jangan begitu yah. Buang sampah di tempatnya biar bersih," tutur Mardiyah.

Sementara itu, salah seorang wisatawan, Inne (23) mengatakan jika tempat sampah yang disediakan di lokasi wisata terkadang tidak cukup menampung sampah yang ada.

Jumlah tempat sampahnya pun berjauhan antara satu dengan yang lain.

"Sebaiknya sih tiap beberapa jarak yang berdekatan ada tempat sampahnya," ucap dia.

Penulis: Tsaniyah Faidah
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved