Sopir Angkot hingga Pedagang Kena Denda karena Merokok di Lokasi KTR

Sebanyak 15 pelanggar Peraturan Daerah Kawasan Tanpa Rokok (Perda KTR) di sekitar Mall BTM mengikuti sidang tindang pidana ringan (Tipiring).

Sopir Angkot hingga Pedagang Kena Denda karena Merokok di Lokasi KTR
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto razia KTR, Jumat (20/9/2019). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Sebanyak 15 pelanggar Peraturan Daerah Kawasan Tanpa Rokok (Perda KTR) di sekitar Mal BTM mengikuti sidang tindang pidana ringan (tipiring), Jumat (20/9/2019).

Sidang tipiring tersebut dilakukan setelah 15 orang yang terdiri dari sopir angkutan kota, penumpang angkutan kota dan pedagang di Mal BTM tertangkap basah merokok di lokasi yang dilarang.

Razia KTR tersebut dipimpin langsung oleh Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto di dalam Mal dan di dalam angkutan Kota.

Bima Arya megatakan bahwa peraturan daerah yang sudah dibuat harus terus ditegakan.

"Bogor adalah kota terdepan dalam hal penegakan perda KTR yang membedakan adalah penegakan hukumnya, perda bisa saja dihidupi tanpa ditegakan, jadi saya minta terus rutin tipiring setiap bulan pasti ada tipiring tapi kali ini saya turun langsung saya ingin melihat berjalannya sistem yang sudah ditegakan kali ini kita lihat banyak pelanggaran di dalamnya masih ada di angkutan kota masih banyak tapi yang saya dapati kebanyakan orang luar kota,"ujarnya.

Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto merazia penumpang yang kedapatan merokok di dalam angkot, Jumat (20/9/2019).
Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto merazia penumpang yang kedapatan merokok di dalam angkot, Jumat (20/9/2019). (TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho)

Setelah para pelanggar perda tersebut didata dan disidang maka jaksa akan memberikan tuntutan dan kemudian diputuskan oleh hakim.

"Iya jadi hukumannya, kurungan dua hari atau denda diputuskan hakim disini jaksa menuntut denda Rp 50 ribu kemudian hakim memuntuskan," ujarnya.

Sementara itu Kasatpol PP Kota Bogor Herry Karnadi mengatakan bahwa dalam waktu 30 menit pihaknya berhasil menjaring 15 pelanggar.

Biasanya jumlah tersebut akan meningkat saat siang hari.

Download Lagu MP3 Entah Apa yang Merasukimu Musik Viral TikTok - Video DJ Remix Salah Apa Aku

Satpol PP pun akan terus rutin melakukan razia dengan pola patroli rutin.

"Ini kan pelanggaran KTR kita harus melihat juga paling banyak itu disini warga yang ke mal warga sekitar mall dan supir angkot, penumpang sekaligus kita dapat di sini, kalau sampai siang itu bisa 20 sampai 30 orang terjaring," ucapmya.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved