Breaking News:

Gempa 6,8 Magnitudo Guncang Ambon, Kampus hingga Perkantoran Rusak

Di Universitas Pattimura misalnya, kerusakan terjadi pada gedung rektorat, gedung auditorium dan juga gedung jurusan kehutanan.

Editor: Ardhi Sanjaya
Kompas.com
Rumah di Ambon ambruk setelah terbakar sesaat setelah gempa 6,8 magnitudo mengguncang daerah itu, Kamis (26/9/2019).(KOMPAS.com/ RAHMAT RAHMAN PATTY) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Gempa tektonik berkekuatan 6,8 magnitudo yang mengguncang Pulau Ambon dan sekitarnya, Kamis (26/9/2019), tidak hanya merusak rumah-rumah warga, namun juga sejumlah kampus, fasilitas publik, hingga pusat perbelanjaan.

Berdasarkan data yang diterima Kompas.com dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku, dua kampus yang mengalami kerusakan parah yakni kampus Universitas Pattimura Ambon dan kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon.

Di Universitas Pattimura misalnya, kerusakan terjadi pada gedung rektorat, gedung auditorium dan juga gedung jurusan kehutanan.

Sedangkan di kampus IAIN Ambon, kerusakan parah terjadi pada pada kantor rektorat, gedung perkuliahan, serta sejumlah bangunan lainnya.

Selain bangunan kampus, kerusakan juga terjadi pada bagian plafon Gedung BLK, gedung Kantor Badan Ketahanan Pangan Provinsi Maluku dan gedung Kantor Dinas Sosial Provinsi Maluku.

"Kerusakan juga terjadi di Maluku City Mall," kata Kepala BPBD Maluku, Farida Salampessy dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis.

Selain itu, gempa juga merusak bangunan rumah ibadah berupa masjid dan gereja di Kota Ambon.

"Sebuah masjid dan gereja juga ikut mengalami kerusakan," ujar dia.

Gempa 6,8 magnitudo mengguncang Pulau Ambon dan Kabupaten Seram Bagian Barat pukul 08.46 WIT.

Adapun lokasi gempa berada pada titik koordinat 3,38 Lintang Selatan, 128,43 Bujur Timur atau berjarak 40 km Timur Laut Ambon-Maluku dengan kedalaman 10 km.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gempa 6,8 Magnitudo Guncang Ambon, Kampus, Mal hingga Perkantoran Rusak"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved