Sastrawan Gol A Gong : Pemerintah Harusnya Subsidi Buku

Namun pemerintah hanya tinggal membuat satu kebijakan lagi agar tingkat literasi di Indonesia bisa terus naik.

Sastrawan Gol A Gong : Pemerintah Harusnya Subsidi Buku
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Penulis yang juga Sastrawan Gol A Gong 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Tingkat literasi di Indonesia saat ini bisa dibilang belum ada peningkatan yang signifikan.

Padahal segala program dan perpustakaan pun dihadirkan disegala tempat dan daerah.

Menanggapi soal tingkat literasi masyarakat Indonesia, Penulis yang juga Sastrawan Gol A Gong menilai bahwa kerja pemerintah untuk meningkatkan literasi sudah baik.

Namun pemerintah hanya tinggal membuat satu kebijakan lagi agar tingkat literasi di Indonesia bisa terus naik.

"Minat baca orang Indonesia cukup tinggi, bisa dibilang banyak, adanya perpustakaan diberbagai daerah juga membantu meningkatkan minat baca, namun variasi buku dan mahalnya harga buku yang membuat literasi di Indonesia tidak begitu meningkat signifikan," katanya.

Pria yang pendiri Rumah Dunia di Serang Banten itu juga menhelaskan bahwa dua isntitusi yang memiliki tanggung jawab terhadap literasi yakni Kemendikbud dan Perpustakaan Nasional sudah membuat banyak program yang bagus.

Namun meski demikian menurut Gol A Gong hal itu masih kuranh selama harga buku masih sangat mahal.

"Iya ini menjadi dilematis ya di Indonesia ada dua institusi yang mengurusi juga soal literasi pertama Kemendikbud kedua perpustakaan nasional, Kalau di kemendikbud itu dengan gerakan literasi nasional, kalau perpustakaan nasional adalah teknologi berbasis intuisi sosial atau literasi kesejahteraan dua duanya itu prararel sejalan, semua mencoba menggerakan potensi literasi masyarakat literasi dan sebagainya dengan beragam kegiatan nah hal yang paling mendasar adalah akses buku, jadi pemerintah harus mau dengan swasta menurunkan harga buku kaya gitu mensubsidinya sekarang itu buku belum disubsidi," katanya.

Ia pun meminta agar jika pemerintah serius untuk meningkatkan literasi harus ada subsidi yang diberikan pemerintah untuk menekan harga buku dengan memberikan subsidi.

"Ya harusnya harga buku bisa lebih murah misalkan menurunkan harga kertas, swasta harus berperan serta jug, karena saya lihat harga buku samgat mahal, jadi harus ada subsidi, program pemerintah sudah bagus cuma tinggal satu langkah lagi subsidi buku;" ujarnya.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved