Kepala Daerah di Indonesia yang Ikut Pelatihan Lemhanas ke X Diajak Mungut Bebersih Sungai Cisadane

Selain melakukan rafting dengan berbagai chalange, para peserta Lemhanas ini oin diajak untuk melakukan aksi sosial bebersih dialiran sampah Cisadane.

Kepala Daerah di Indonesia yang Ikut Pelatihan Lemhanas ke X Diajak Mungut Bebersih Sungai Cisadane
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Kepala Daerah di Indonesia yang menjadi peserta Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) angkatan ke X mengikuti kegiatan rafting di Alamanda (Alam Anda) di Kampung Gintung, Desa Cimande Hilir, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Rabu (2/10/2019). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CARINGIN - Kepala Daerah di Indonesia yang menjadi peserta Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) angkatan ke X mengikuti kegiatan rafting di Alamanda (Alam Anda) di Kampung Gintung, Desa Cimande Hilir, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Rabu (2/10/2019).

Saat tiba di lokasi Rafting Alamanda para Peserta Lemhanas ke X ini pun langsung mengikuti safety brifing untuk mengetahui standart operasional keamanan melakukan rafting.

Safety brifing dipandu langsung oleh Iwan Firdaus coach arum jeram.

Para peserta pun diberikan pengarahan bagaimana memakai helm pelampung dan memegang dayung.

Karena ketiga perlengkapan tersebut adalah alat perlengkapan keamanan dalam melakukan rafting.

Selain melakukan rafting dengan berbagai chalange, para peserta Lemhanas ini oin diajak untuk melakukan aksi sosial bebersih dialiran sampah Cisadane.

"Iya sampah disini bukan tidak pernah dibersihkan tapi ini sudah sering dibersihkan hanya saja karena di hulu nya masih terus ada sampah prilaku maayarakat belum banyaj berubah dan banyaknya perusahaan pabrik yang membuang kotoran ke sungai ya jadilah seperti ini," katanya.

Untuk itu Iwa menyampaikan bahwa isu lingkungan tidak hanya untuk didiskusikan namun untuk diselesaikan oleh banyak langkah dan aksi.

"Isu lingkungan ini sangat penting bahkan di Indonesia sudah mengatakan sarurat sampah plastik, untuj itu kita disini sambil rafting nanti sambil memungut sampah, satu perahu dua karung, dan yang kita amvil khusus sampah plastik dan stayrofoam," ujarnya.

Nantinya para peserta ini akan melakukan pengarungan kurang lebib satu setengah jam dengan jarak sekitar tujuh kilometer dari start menuju finish.(*)

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved