Pemkot Bogor Ajukan Shuttle Tram untuk Desain Perencanaan Pembangunan Alun-alun Kota Bogor

Salah satu detail yang diajukan adalah fasilitas shuttle untuk tram atau trem sarana transportasi masal berbasis rel.

Pemkot Bogor Ajukan Shuttle Tram untuk Desain Perencanaan Pembangunan Alun-alun Kota Bogor
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Kepala Bidang (Kabid) Pertamanan, PJU dan Dekorasi Kota pada Disperumkim Kota Bogor M. Hutri 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNRWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Pemerintah Kota Bogor melalui bidang pertamanan Dinas Perumahan Dan Pemukiman Kota Bogor melakukan kordinasi dengan Dinas Permukiman dan Perumahan (Diskimrum) Provinsi Jawa Barat, terkait detail rencana pembangunan alun-alun Kota Bogor.

Kepala Bidang (Kabid) Pertamanan, PJU dan Dekorasi Kota pada Disperumkim Kota Bogor M. Hutri mengatakan bahwa pengajuan detail perencanaan tersebut bertujuan untuk melakukan singkronisasi Detail Engineering Design ( DED) yang saat ini masih dalam proses pembuatan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Salah satu detail yang diajukan adalah fasilitas shuttle untuk trem sarana transportasi masal berbasis rel.

"Setelah desainnya nanti disetujui (oleh Gubernur) akan dicoba di detailkan tentunya dengan rencana program-program yang lebih komperhensip dalam rangka menata Kota Bogor secara umum, misalkan contoh kaitannya dengan transportasi trem, nanti bagaimana nantinya trem akan masuk menjadi satu bagian koridor untuk dapat mendukung keberadaan alun-alun ini ajuan ajuan teknis seperi itu sedang kita komunikasikan dengan pihak provinsi," katanya saat ditemui di Kantor Disperumkim Kota Bogor, Jalan Pengadilan, Senin (7/10/2019).

Hutri menjelaskan dengan demikian nantinya DED yang dihasilka bisa mendukung dan bersinergi dengan program jangka panjang Pemerintah Kota Bogor.

"Iya kurang lebih seperti itu disediakan shuttle transportasi umum," ujarnya.

Sementara itu mengenai proses pembuatan DED oleh Diskimrum Pemerintah Provisin Jawa Barat saat ini sudah masuk bulan kedua dari jangka waktu perencanaan empat bulan pengerjaan design DED.

Mengenai teknis rencana pembangunan, Kepala Bidang (Kabid) Pertamanan, PJU dan Dekorasi Kota pada Disperumkim Kota Bogor M. Hutri mengatakan bahwa direncanakan pengerjaan dilakukan pada tahun 2020.

"Tahapan proses perencanaannya sendiri dilaksanakan oleh Diskimrum Provinsi Jawa Barat tahun anggaran 2019 kami disini melakukan kordinasi memberikan masukan teknis terkait dengan design supaya harapan-harapan konsep designya ini dapat berjalan dengan apa yang pemerintah kota ajukan," katanya.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved