Bela Bernard Abdul Jabbar, PA 212 Kerahkan 100 Pengacara

PA 212 juga mengecam penangkapan Bernard pada malam hari di Tol Tomang yang dinilai seperti penangkapan tersangka kasus kejahatan luar biasa.

Bela Bernard Abdul Jabbar, PA 212 Kerahkan 100 Pengacara
Kompas.com
Konferensi pers PA 212 di Kantor Sekretariat PA 212, Jalan Raya Condet, Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (9/10/2019), soal kasus penganiayaan Ninoy Karundeng.(KOMPAS.COM/DEAN PAHREVI) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Dewan Pengurus Pusat (DPP) Persaudaraan Alumni (PA) 212 akan mengerahkan 100 pengacara untuk memberikan perlindungan hukum kepada Sekretaris Jenderal PA 212 Bernard Abdul Jabbar yang ditahan polisi terkait kasus penganiayaan relawan Joko Widodo, Ninoy Karundeng.

Ketua Umum DPP PA 212 Slamet Ma'arif mengatakan, pihaknya menuntut polisi segera membebaskan Bernard demi keadilan hukum.

"DPP PA 212 akan melakukan perlawanan dan bantuan hukum dengan menyiapkan 100 pengacara untuk Ustadz Bernard Abdul Jabbar dan aktifis Masjid DKM Al Falah Pejompongan," kata Slamet di Kantor Sekretariat DPP PA 212, Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (9/10/2019).

PA 212 juga mengecam penangkapan Bernard pada malam hari di Tol Tomang yang dinilai seperti penangkapan tersangka kasus kejahatan luar biasa.

"Kami mencium ada indikasi diduga upaya pembusukan dan pencemaran nama baik PA 212 secara sistematis dan terorganisir," ujar Slamet.

Adapun berdasarkan kronologi versi PA 212, Slamet menjelaskan, kehadiran Bernard di Masjid Al Falah ialah untuk membantu mengobati korban aksi unjuk rasa sekaligus mencari anaknya yang ikut dalam aksi.

Saat sedang membantu para korban, Bernard mendengar keributan karena diduga ada penyusup yang dihakimi massa.

"Spontan ustaz Bernard menyelamatkan dan melindungi yang diduga penyusup bernama Ninoy dari amukan massa. Bahkan menasihati untuk jangan keluar dulu karena berbahaya sebab di luar massa masih marah," ujar Slamet.

Sebelumnya, dalam kasus ini, polisi telah menahan sebanyak 12 tersangka di Rumah Tahanan Polda Metro Jaya.

Tersangka yang ditahan yakni, AA, ARS, YY, RF, Baros, S, SU, ABK, IA, R, Sekretaris Jenderal Persaudaraan Alumni (PA) 212, Bernard Abdul Jabbar, dan Ferry.

Sementara itu, satu tersangka lainnya, yakni TR ditangguhkan penahanannya dengan alasan kondisi kesehatan.

Adapun Bernard ditahan karena disebut berada di lokasi penganiayaan Ninoy dan turut mengintimidasi Ninoy.

"Dia ada di lokasi (penganiayaan Ninoy) ikut mengintimidasi dan saat ini sedang dilakukan pemeriksaan," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PA 212 Kerahkan 100 Pengacara untuk Bela Bernard Abdul Jabbar"

Editor: Ardhi Sanjaya
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved