Hari Kesehatan Jiwa Dunia, Dompet Duafa Ajak ODGJ Yayasan Jambrut Biru Bekasi Liburan

Sejak tahun 1992, tanggal 10 Oktober diperingati sebagai Hari Kesehatan Jiwa Dunia atau World Mental Health Day.

Hari Kesehatan Jiwa Dunia, Dompet Duafa Ajak ODGJ Yayasan Jambrut Biru Bekasi Liburan
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Hari Kesehatan Jiwa Dunia, Dompet Duafa menggandeng Yayasan Jambrut Biru Bekasi mengajak pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) untuk berlibur di Kebun Raya Bogor, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Kamis (10/10/2019). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Sejak tahun 1992, tanggal 10 Oktober diperingati sebagai Hari Kesehatan Jiwa Dunia atau World Mental Health Day.

Pada momentum ini, Dompet Duafa menggandeng Yayasan Jambrut Biru Bekasi mengajak pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) untuk berlibur di Kebun Raya Bogor, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Terlihat raut wajah gembira para pasien ODGJ Yayasan Jambrut Biru saat bisa jalan-jalan di Kebun Raya Bogor.

Selain berlibur, kegiatan gathering bersama pasien ODGJ pada momentum Hari Kesehatan Jiwa Dunia ini diisi dengan berbagai kegiatan pembinaan.

Diantaranya adalah perlombaan adzan, perlombaan kultum, membaca shalawat dan melukis.

"Harapannya tentunya mereka bisa kembali ke keluarganya bisa kembali ketengah masyarakat layaknya orang biasa dan tidak ada sikap diskriminatif kepada mereka," kata Manager Program Dompet Duafa Achmad Fitro, Kamis (10/10/2019).

Achad Fitro juga mengatakan bahwa Dompet Duafa juga memiliki konsen terhadap pembinaan dan penyembuhan rehabilitasi ODGJ.

Hal tersebut dilakukan oleh Dompet Duafa dengan melakukan evakuasi ataupun rehabilitasi kepada ODGJ duafa.

"Kita melakukan pembinaan spiritual dibeberapa yayasan dan rumah sakit jiwa yang kedua kita melakuian evakuasi dan rehabilitasi odgj dari keluarga duafa dengan berkerjasama dengan panti rehabilitasi dan kita rutin setiap minggu melakukan result pakaian dan makan kepada ODGJ di jalan dan kita juga melakukan pemberdayaan bagi mantan pasien dan keluarga pasien," ujarnya.

Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, Dompet Duafa menggandeng Yayasan Jambrut Biru Bekasi mengajak pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) untuk berlibur di Kebun Raya Bogor, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Kamis (10/10/2019).
Hari Kesehatan Jiwa Dunia, Dompet Duafa menggandeng Yayasan Jambrut Biru Bekasi mengajak pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) untuk berlibur di Kebun Raya Bogor, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Kamis (10/10/2019). (TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho)

Sementara itu Pengurus yang juga Pendiri Yayasan Jambrut Biru Jalan Asem Sari II, Kelurahan Mustikasari, Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi Suhartono mengatakan bahwa pada momentum hari kesehatan jiwa dunia, sejak 5 hingga 10 Oktober Yayasan Jambrut Biru Bekasi sudah memulangkan sekitar lima pasien gangguan jiwa.

"Dan mereka sembuh semua, itu wujud bahwa hari kesehatan dunia itu pasien jiwa, dipanti juga harus banyak yang sembuh jadi bisa kembali ke masyarakat," katanya.

Pada momentum gathering Dompet Duafa dengan Pasien ODGJ ini ada sekitar 25 pasien yang dibawa berlibur.

Rata rata pasien tersebut memiliki tingkat kejiwaan di atas 50 persen.

"Kita minta 100 hanya saja kan dari panitian menginginkannya 25, tapi kita juga alhamdulillah dengan adanya kegiatan ini, dan yang kita bawa ini di atas 50 persen tingkat kejiawaannya sudah bisa berinteraksi dengan masyarakat seperti kebersihan dan mereka tau harus berbuat apa dan bisa tertib," katanya.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved