Kisah Inspiratif Syamhudi Siswaya, Penemu Batik khas Bogor yang Pernah Jadi Pekerja Bangunan

Dibalik berkembangnya batik khas Bogor yang semakin dikenal oleh wisatawan, ada sosok pria mengagumkan sebagai penciptanya.

Kisah Inspiratif Syamhudi Siswaya, Penemu Batik khas Bogor yang Pernah Jadi Pekerja Bangunan
TribunnewsBogor.com/Tsaniyah Faidah
Syamhudi Siswaya (58), pemilik Galeri Batik Bogor Tradisiku 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Tsaniyah Faidah

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, TANAH SAREAL - Dibalik berkembangnya batik khas Bogor yang semakin dikenal oleh wisatawan, ada sosok pria mengagumkan sebagai penciptanya.

Adalah Syamhudi Siswaya (58), pemilik Galeri Batik Bogor Tradisiku asal Yogyakarta ini merancang batik khas Bogor sejak tahun 2008.

Hingga pada akhirnya tahun 2009 menjadi tahun kebanggaan Syamhudi Siswaya sebab batik ciptaannya resmi dilaunching oleh Walikota Bogor saat itu sebagai kelahiran resmi batik khas Bogor.

Sejak saat itu, batik Bogor semakin berkembang luas dan banyak desainer-desainer lainnya yang merancang batik dengan motif ikon Kota Bogor.

Berawal dari gempa besar di Yogyakarta tahun 2006 silam, Syamhudi Siswaya yang saat itu turut memberikan bantuan kepada pengungsi, ingin memberikan sesuatu yang lebih kepada orang membutuhkan.

"Karena sebaik-baik orang adalah yang bisa memberikan manfaat kepada orang lain," kata Syamhudi Siswaya kepada TribunnewsBogor.com.

Selain itu, sejak tahun 1982 ia menetap di Bogor, juga ingin memberikan manfaat di kota dimana ia tinggal.

"Batik juga pernah mau diklaim oleh negara tetangga. Sebagai warga Indonesia, saya sangat teriris sekali. Disitu saya berpikir ingin mengembangkan batik," kata pria kelahiran 25 September 1961 ini.

Tahun 2008 ia membuka toko pertamanya di kawasan Brimob Neglasari dengan modal yang ia dapat selama bertahun-tahun banting tulang sebesar Rp 50 juta.

Halaman
123
Penulis: Tsaniyah Faidah
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved