Mana yang Mesti Didahulukan, Rerouting Angkot atau Trem ? Ini Kata Pengamat Transportasi

Tak hanya itu, menurut Yayat Supriatna yang juga pengamat tata kota mengatakan bahwa koridor trem juga harus dikaji mendalam.

Mana yang Mesti Didahulukan, Rerouting Angkot atau Trem ? Ini Kata Pengamat Transportasi
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Pengamat Transportasi Kota, Yayat Supriatna 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Pengamat Transportasi Kota, Yayat Supriatna mengatakan untuk mendukung penerapan tram way atau jalur trem diperlukan adanya rerouting angkutan kota.

"Harus ada makanya untuk mendukung trem ini harus ada rerouting angkot, nanti pertanyaannya apakah akan berkompetisi angkot dengan trem nanti orang akan bertanaya lebih murah angkot atau trem," katanya Sabtu, (12/10/2019) saat ditemui dikawasan Puncak Bogor.

Tak hanya itu, menurut Yayat Supriatna yang juga pengamat tata kota mengatakan bahwa koridor trem juga harus dikaji mendalam.

Karena menurutnya anatara trem dan moda transportasi lain pendukung trem harus saling terintegrasi.

"Kemudian trem itu berhubunhan poin to poin ga tremnya, terintegrasi atau tidak harusnya ketika orang naik trem turunya itu bisa naik angkot yang sudah terintegrasi dengan trem, jadi kalau tidak ada integrasinya sama saja turun dari trem naik angkutan lain yg belum terintegrasi, costnya terlalu tinggi (ongkos untuk masyarakat).

Selain itu, Yayat juga menyinggung beberapa kajian yang sudah pernah dilakukan oleh Pemerintah Kota Bogor mengenai sistem transportasi.

Ia menilai bahwa beberapa sistem transportasi yang sudah dikaji dan diimplementasikan tidak berjalan maksimal.

"Pertanyaannya itu mau dibawa kemana serius tidak buat apa dibuat kajian kalau tidak diimplementasikan, angkot di Bogor sudah berbadan hukum semua, iya kan, penyehatkan transpakuan samapai sekarang belum Bisa sehat, bantuan hibah bus kemenhub tidak berjalan maksimal, artinya Pemerintah Kota harus belajar dari kota lain," ujarnya.

Saat ditanya mengenai moda transportasi yang kemungkinan bisa diimplementasikan dengan maksimal, Yayat menyebut bahwa bus meruoakan tranportasi yang sangat bisa diterapkan di Kota Bogor.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved