Breaking News:

Himasita IPB Gelar Pelatihan Budidaya Maggot, Ini yang Dilakukan

pengolahan sampah organik mulai berkembang salah satunya ialah dengan memanfaatkan sampah organik untuk budidaya larva maggot.

Editor: Soewidia Henaldi
Humas IPB
Himpunan Mahasiswa Proteksi Tanaman (Himasita) IPB University mengadakan pelatihan budidaya maggot. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Meningkatnya jumlah penduduk di Indonesia diiringi peningkatan jumlah konsumsi pangan dan sampah organik dari konsumsi pangan.

Pengolahan sampah organik saat ini masih cenderung pada pemanfaatan menjadi pupuk kompos.

Di sisi lain, inovasi-inovasi pengolahan sampah organik mulai berkembang salah satunya ialah dengan memanfaatkan sampah organik untuk budidaya larva maggot.

Melihat potensi dan guna memberikan wawasan kepada kaum muda tentang budidaya maggot, Himpunan Mahasiswa Proteksi Tanaman (Himasita) IPB University mengadakan pelatihan budidaya maggot.

Pelatihan ini diadakan Minggu (13/10) di Plaza Harmoni Proteksi Tanaman.

“Pelatihan disampaikan oleh pemateri yang langsung terjun ke bidang budidaya maggot. Dalam pelatihan ini dilakukan demonstrasi praktik langsung bagaimana cara budidaya maggot. Diharapkan para peserta dapat menggali wawasan sebanyak mungkin tentang budidaya maggot serta dapat terinspirasi untuk menjadi penggerak pengolahan sampah organik dengan budidaya maggot,” ujar mahasiswa IPB, Bobby Yasadhana.

Maggot merupakan larva dari Black Soldier Flys (BSF) atau dikenal dengan lalat tentara hitam.

Tidak seperti lalat pada umumnya, lalat hitam BSF merupakan lalat yang dipilih untuk dibudidayakan karena bukan sebagai agen patogen atau penyakit.

“Maggot inilah sesungguhnya protein yang tinggi bagi pakan dan agen pengurai sampah organik yang multi manfaat. Sampah-sampah dimakan oleh larva BSF menghasilkan kompos dan maggot dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak, ikan, dan burung,” ujar Aminudi Amin dari PT Biomagg Indonesia.

Menurut Aminudi, Indonesia sangat potensial dalam kemajuan budidaya maggot, karena iklim di Indonesia sangat mendukung.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved