Bupati Ade Yasin Ungkap Keluhan Calon Kades Jelang Pilkades 2019

Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan bahwa jelang Pilkades Serentak 2019 digelar, dirinya sudah mendengar sejumlah keluhan dari beberapa calon kades.

TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Acara Deklarasi Damai Pilkades 2019 di Cibinong, Selasa (22/10/2019). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Bupati Bogor Ade Yasin mengungkap keluhan sejumlah calon kades jelang Pilkades Serentak 2019.

Satu di antaranya dugaan keterlibatan organisasi masyarakat (ormas) yang membekingi salah satu calon kades.

"Beberapa calon kades merasa tertekan karena salah satu calonnya dibekingi ormas. Keliling kampung, seperti mau sweeping," kata Ade Yasin dalam acara Deklarasi Damai Pilkades 2019 di Cibinong, Selasa (22/10/2019).

Ade Yasin meminta kepada masyarakat untuk memahami dan membedakan antara ormas dan aparat.

Ormas, kata dia, tidak punya kewenangan untuk menindak lanjuti jika terjadi sesuatu kecuali aparat TNI dan Polisi.

"Harus paham mereka itu bukan tentara dan bukan polisi, mereka hanya berseragam ormas dan tidak punya kewenangan jika terjadi sesuatu mereka menindak lanjuti. Yang berhak atas keamanan itu TNI dan Polisi," kata Ade Yasin.

Ade Yasin menghimbau kepada para calon kades di Kabupaten Bogor untuk tidak meminta backup kepada ormas.

Sementara kepada ormas-ormas, Ade Yasin menghimbau untuk tidak berpihak kepada salah satu calon, tapi cukup membantu memantau proses Pilkadesnya.

"Jangan meminta backup kepada ormas, tapi jika ada yang diindikasikan membuat tidak nyaman lapor ke polsek atau koramil setempat. Kita memakai aparat ya untuk menjaga keamanan, bukan pakai ormas," kata Ade Yasin

"Ini sekalian himbauan juga supaya jangan ikut-ikutan dalam kontestasi. Ini tujuannya adalah memantau saja, jangan mengamankan salah satu calon tapi memantau perhelatan pilkadesnya. Jadi harus digaris bawahi, para ormas atau organisasi yang lain agar memantau pelaksanakan pilkades, jangan memihak salah satu calon," tambahnya.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved