Sistem Kanalisasi 2-1 Dianggap Memberi Keuntungan Bagi Pelaku Wisata di Jalur Puncak

Jika sistem kanalisasi 2-1 di jalur Puncak diberlakukan, dinilai berdampak baik bagi para pelaku wisata, termasuk hotel dan restoran.

Penulis: Tsaniyah Faidah | Editor: Damanhuri
TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Petugas wanita dari Dishub serta Polwan cantik warnai uji coba sistem kanalisasi 2-1 di Jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Minggu (27/10/2019). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Tsaniyah Faidah

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CISARUA - Jika sistem kanalisasi 2-1 di jalur Puncak diberlakukan, dinilai berdampak baik bagi para pelaku wisata, termasuk hotel dan restoran.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Taman Safari Indonesia, Jansen Manansang yang menganggap sistem rekayasa lajur Jalan Raya Puncak yang sedang diujicobakan ini adalah sebuah langkah positif.

"Dampak ke restoran, hotel, dan tempat wisata adanya sistem kanalisasi 2-1 ini akan memberikan keuntungan lebih kepada kami," katanya saat ditemui di Taman Safari Bogor, Minggu (27/10/2019).

Menurut dia, Jalan Raya Puncak merupakan jalur wisata dan jalur sibuk dimana banyak pusat komersil yang bertebaran.

Dengan diterapkannya sistem kanalisasi 2-1 ini, kendaraan akan melaju perlahan dan bisa mampir ke beberapa restoran yang tersebar di pinggir jalan.

Sehingga, semua pelaku ekonomi yang ada, menurut dia, bakal mendapatkan untung secara merata.

"Sedangkan untuk lokasi wisata, khususnya Taman Safari, kami mau menerapkan bus di kota-kota sebagai akomodasi khusus menuju kemari. Dengan begitu, tidak akan ada banyak mobil yang masuk jalur Puncak," jelas dia.

Sementara itu, sebagai bentuk dukungan pihaknya terhadap sistem kanalisasi 2-1 ini, ia bersama pelaku usaha hotel dan restoran bekerja sama membentuk polisi lingkungan warga (Polingga).

Sebanyak 27 anggota Polingga direkrut untuk membantu kelancaran lalu lintas di jalur Puncak.

Sedangkan Taman Safari Bogor sendiri menambahkan 15 anggota Polingga lagi agar tersebar lebih banyak.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved