IPB Gelar Kemah Riset Nasional, Pesertanya Ribuan Siswa SMA, Satu-satunya di Indonesia

Kemah Riset Nasional yang digelar untuk kelima kalinya ini bertujuan untuk mendorong kreativitas, khususnya bagi para pramuka.

IPB Gelar Kemah Riset Nasional, Pesertanya Ribuan Siswa SMA, Satu-satunya di Indonesia
Humas IPB
IPB University mengelar Kemah Riset Nasional yang digelar Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka di Kampus IPB Dramaga, Bogor diikuti oleh 175 pramuka dari berbagai Sekolah Menengah Atas (SMA). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Kemah Riset Nasional yang digelar Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka IPB University di Kampus IPB Dramaga, Bogor diikuti oleh 175 pramuka dari berbagai Sekolah Menengah Atas (SMA).

Peserta berasal dari Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Medan.

Kemah Riset Nasional yang digelar untuk kelima kalinya ini bertujuan untuk mendorong kreativitas, khususnya bagi para pramuka.

Kegiatan ini diselenggarakan setiap dua tahun sekali.

“Prinsipnya kami ingin mempertemukan, berkenalan dan berkompetisi. Menjunjung inovasi dalam setiap kegiatannya. Model kemah riset ini merupakan model kemah riset satu-satunya di Indonesia. UKM Pramuka IPB University menjadi inisiator dalam kegiatan ini, saya berharap kegiatan ini akan menjadi icon dan menjadi kegiatan unggulan. Selain itu pramuka bisa berkembang terus mengikuti perkembangan zaman,” ujar Husnul Kaab, Ketua Panitia Penyelenggara saat berlangsung Pembukaan Kemah Riset, 23/10.

Husnul berharap kegiatan ini bisa lebih luas lagi jangkauannya dengan menjalin kerjasama dengan UKM Pramuka dari perguruan tinggi lain bahkan bisa go international.

Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria dalam pidatonya sebagai pembina upacara mengamanatkan agar pramuka dapat menjadi kekuatan untuk menghadapi jaman yang penuh dengan ketidakpastian.

“Kekuatannya ada pada kreativitas, inovasi dan kelincahannya. Saya berharap pramuka dapat menjadi garda terdepan. Inovasi dan kreativitas dapat menjawab kebutuhan jama. Inovasi bisa jadi solusi,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Kemahasiswaan dan Pengembangan Karis IPB University, Dr Alim Setiawan menambahkan Kemah Riset Nasional ini merupakan kegiatan positif yang dilakukan UKM Pramuka.

“Ini langkah positif untuk menunjukkan semangat mencintai riset. Riset sangat penting untuk menghadapi tantangan jaman khususnya bagi para pramuka agar mereka dapat berpikir kritis, melatih kemampuan komunikasi, memecahkan masalah kompleks, melatih rasa ingin tahu mereka terhadap satu hal positif,” ujarnya.

Kegiatan yang akan berlangsung hingga 28 Oktober ini terselenggara atas kerjasama dengan berbagai pihak di internal IPB University diantaranya UKM Resimen Mahasiswa, UKM Korps Sukarela PMI, UKM Panahan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Teknologi Pertanian, dan Fakultas Ekologi Manusia. Koordinasi dilakukan oleh Dr Fadjar Satrija sebagai pembina UKM Pramuka, IPB University. (*)

Editor: Soewidia Henaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved