Kriteria Pelatih Timnas Senior Indonesia Versi John Arwandhi

Dipecatnya Simon McMenemy dari pelatih Timnas Senior Indonesia membuat publik memberikan beragam responnya, tak terkecuali bagi John Arwandhi.

Kriteria Pelatih Timnas Senior Indonesia Versi John Arwandhi
TribunnewsBogor.com/Yudistira Wanne
Pemain Persija Jakarta Putri dan pelatih, John Arwandhi pada konferensi pers, Jumat (25/10/2019). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Yudistira Wanne

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Dipecatnya Simon McMenemy dari pelatih Timnas Senior Indonesia membuat publik memberikan beragam responnya, tak terkecuali bagi John Arwandhi.

Pelatih Persija Jakarta Putri itu turut memberikan respon terkait pemberhentian mantan pelatih Bhayangkara FC tersebut.

John Arwandhi menilai bahwa pemecatan yang dilakukan oleh PSSI terhadap Simon McMenemy sudah dipertimbangkan dengan matang.

"Ya saya sebenarnya untuk mengomentari soal itu kurang tepat ya, karena kita tidak tahu secara detail situasi yang terjadi seperti apa. Tapi petinggi kita dan pemegang kebijakan tentu telah mempertimbangkan segala sesuatunya," ujarnya kepada TribunnewsBogor.com, Kamis (7/11/2019).

Lebih lanjut, John Arwandhi dengan tegas mengatakan, pemecatan yang dilakukan oleh PSSI terhadap Simon McMenemy harus diimbangi dengan proses pencarian solusi yang tepat.

"Masalah memecat itu boleh saja. Tapi, tindak lanjut itu harus kita tentukan seperti apa solusinya. Jadi, jangan memecat seseorang lalu menunjuk, kemudian memecat lagi. Tentu ada dasar-dasar perkembangannya," jelasnya.

John Arwandhi pun memiliki pandangan tersendiri terkait kriteria pelatih yang tepat untuk menggantikan pos yang ditinggalkan Simon McMenemy.

Menurutnya, siapapun pelatih yang akan menukangi Timnas Senior Indonesia tentu harus memiliki pengetahuan tentang karakter pemain dan iklim sepakbola di Indonesia.

"Hanya saja, untuk mencari penggantinya itu harus melihat materi pemain yang kita miliki apa, karakter yang berkembang disepakbola Indonesia seperti apa dan kemudian level permainan akan dibawa seperti apa," paparnya.

Tak hanya itu, jika PSSI nantinya sudah mendapatkan pelatih baru yang menahkodai Timnas Senior Indonesia, John Arwandhi berharap agar PSSI memberikan kesempatan kepada pelatih tersebut untuk membentuk dan mengembangkan ciri khas permainan.

"Saya melihatnya, siapapun yang diangkat harus jelas memberikan kesempatan sama dia untuk mengembangkan sepakbola ini," ucapnya.

Diketahui, PSSI mengumumkan pemecatan Simon McMenemy sebagai pelatih Timnas Indonesia, Rabu (6/11/2019).

PSSI mengumumkan keputusan itu melalui akun Instagramnya.

Dengan status pemecatan itu, otomatis Simon McMenemy tinggal memiliki satu pertandingan bersama Skuad Garuda, yakni menghadapi Malaysia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada 19 November di Kuala Lumpur.

Penulis: Yudistira Wanne
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved