Cegukan pada Bayi Ternyata Bermanfaat untuk Perkembangan Otak, Jangan Panik !

Sebuah studi baru, yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Neurophysiology, menunjukkan bahwa cegukan mendukung perkembangan otak pada bayi baru lahir.

Wartakota/Ilustrasi
Ilustrasi Bayi 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Tak sedikit orangtua yang khawatir saat melihat bayinya cegukan dan beberapa bahkan mencoba berbagai cara untuk menghentikannya.

Tetapi para peneliti menyarankan, orangtua sebaiknya membiarkan itu terjadi karena rupanya cegukan memiliki manfaat kesehatan yang mengejutkan.

Sebenarnya, Bayi mulai mengalami cegukan dari di dalam rahim.

Perkiraan menunjukkan, bahwa pada Bayi prematur menghabiskan 1 persen dari waktu mereka untuk cegukan atau hingga 15 menit sehari.

Sebuah studi baru, yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Neurophysiology, menunjukkan bahwa cegukan mendukung perkembangan otak pada Bayi baru lahir.

Cegukan memicu aliran sinyal otak yang bisa membantu Bayi belajar mengatur pernapasan.

"Alasan mengapa kita cegukan tidak sepenuhnya jelas, tetapi mungkin ada alasan perkembangan, mengingat bahwa janin dan Bayi baru lahir begitu sering cegukan," kata Kimberley Whitehead, ketua penulis penelitian dan rekan penelitian di University College London.

Para peneliti menganalisis aktivitas otak pada 13 Bayi baru lahir di bangsal neonatal.

Tim menggunakan electroencephalography (EEG) untuk mengamati otak setiap Bayi dan menempatkan sensor gerakan pada torso mereka untuk merekam cegukan mereka.

Mereka menemukan, cegukan menyebabkan kontraksi otot diafragma.

Halaman
12
Editor: khairunnisa
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved