Ketika Menyesap Kopi di Coffee Shop Jadi Gaya Hidup

Fenomena budaya minum kopi di Indonesia kini tidak hanya dilakukan di rumah saja, namun sudah bergeser ke kedai kopi moderen,

Ketika Menyesap Kopi di Coffee Shop Jadi Gaya Hidup
Tribunnewsbogor.com/ Tsaniyah Faidah
Suasana di Kemenady Coffee, Jalan Pengadilan, Pabaton, Bogor Tengah, Kota Bogor 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Tsaniyah Faidah

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Fenomena budaya minum kopi di Indonesia kini tidak hanya dilakukan di rumah saja, namun sudah bergeser ke kedai kopi moderen, atau lebih akrab disebut coffee shop.

Tak heran, jika perkembangan bisnis coffee shop melaju pesat, sehingga akan dengan mudahnya ditemui di banyak lokasi yang berdekatan.

Kepada TribunnewsBogor.com, seorang barista yang sudah cukup lama berkecimpung di dunia perkopian, Danishwara (29) mengatakan bahwa budaya ngopi di coffee shop sudah menjadi kebiasaan baru di zaman moderen ini.

"Minum kopi sekarang sudah menjadi lifestyle. Jika dulu dilakukan di rumah dan warkop (warung kopi), sekarang sudah bergeser menjadi gaya hidup moderen sehingga dilakukan di tempat yang lebih cozy, yakni coffee shop," kata dia di Kemenady Coffee, Rabu (20/11/2019).

Danish melanjutkan, coffee shop dianggap nyaman karena sembari ngopi juga bisa melakukan aktivitas lain seperti berdiskusi, mengerjakan tugas, bekerja, atau sekadar bercengkrama.

Tak sedikit pula, dari tren menyesap kopi yang meningkat, membuat banyak orang lebih ingin tahu belajar tentang perkopian, mulai dari asal usul biji kopi hingga cara penyeduhan.

"Kurang lebih 5 tahun terakhir, aku sendiri sering dapat permintaan dari pelanggan yang mau belajar menyeduh kopi. Atau hanya sekadar ajak ngobrol tanya-tanya tentang kopi," ucap Danish.

Tak hanya konsumen yang tertarik belajar menyeduh kopi.

Menurut Danish, tren coffee shop dan tingginya konsumsi kopi di Indonesia saat ini juga membuat lebih banyak orang berminat menjadi seorang barista.

Halaman
12
Penulis: Tsaniyah Faidah
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved