Breaking News:

Gaji PNS Baru di DKI Jakarta Capai Rp 20 juta, Tjahjo Kumolo : Tidak Malasah

Oleh sebab itu, Tjahjo tidak mempersoalkan jika ada gaji PNS baru di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencapai hampir Rp 20 juta.

Editor: Ardhi Sanjaya
TribunnewsBogor.com/Mohamad Afkar Sarvika
PNS Kota Bogor 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo menilai besaran gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) di setiap daerah berbeda-beda, sesuai dengan kemampuan daerahnya.

Oleh sebab itu, Tjahjo tidak mempersoalkan jika ada gaji PNS baru di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencapai hampir Rp 20 juta.

"Tidak masalah, karena dalam undang-undang semua sistem tunhangan kinerja terdapat kalimat disesuaikan dengan kemampuan daerah," tutur Tjahjo di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (21/11/2019).

 

"Jadi kalau tunjangan kinerja seorang camat, seorang kepala kelurahan, guru, seorang dokter puskesmas di DKI lebih tinggi dari daerah lain saya kira wajar," sambung Tjahjo.

Menurut Tjahjo, besaran tunjangan kinerja PNS di daerah tingkat ll seperti Badung di Bali dan Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur juga besar karena Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) tinggi dibanding daerah lain.

"Di badung itu seluruh murid sekolah dikasih laptop misalnya begitu, guru-guru ditingkatkan tunjangannya. Itu saya kira penyeragaman memang di satu sisi perlu, tapi di sisi lain potensi daerah beda," paparnya.

 

Politkus PDI Perjuangan itu menyebut, penyeragaman gaji PNS saat ini belum menjadi fokus pemerintah dan butuh waktu lama karena perlu mengubah undang-undang.

"Kami belum ke arah sana, kami jangka pendek ini menata reformasi birokrasi secara keselruhan dan hirarkis," tutur Tjahjo.

Gaji PNS baru di DKI Jakarta yang mencapai Rp 28 juta ramai diperbincangkan publik.

Munculnya gaji puluhan juta tersebut keluar dari pernyataan Tjahjo sewaktu rapat bersama Komisi II DPR RI, Senin (18/11/2019).

Kepala BKD DKI Jakarta Chaidir pun membenarkan perihal gaji tersebut.

 

Menurut Chaidir, perkiraan gaji Rp 28 juta tersebut bisa diterima jika yang bersangkutan menduduki jabatan struktural sehingga komponen tunjangannya akan bertambah.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019, tentang Perubahan Kedelapan Belas PP Nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji PNS, besaran gaji PNS baru atau golongan III A, secara nasional sama. Adapun besaran untuk PNS dengan golongan III A adalah Rp 2.579.000.

Khusus DKI Jakarta, diberlakukan Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) yang jumlahnya disesuaikan dengan jabatan. Jumlahnya mulai dari Rp 7.470.000 sampai Rp 19.710.000.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Heboh Gaji PNS Baru di DKI Jakarta Capai Rp 20 Juta, Tjahjo Bilang Enggak Masalah,

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved