Simak, 3 Pendekatan untuk Memberikan Pendidikan Pancasila

Dalam kesempatan itu Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Lia Kian yang menjadi pemateri menjelaskan awal mula kelahiran Pancasila.

Simak, 3 Pendekatan untuk Memberikan Pendidikan Pancasila
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Kegiatan menjalin sinergitas hubungan antar lembaga bersama NU melalui seminar nasional dengan tema gotong royong membumikan Pancasila dan penguatan nilai-nilai pancasila, Wisma Sinar Kasih, Kabupaten Cianjur, Jumat (29/11/2019). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIANJUR - Melalui seminar nasional dengan tema gotong royong membumikan Pancasila dan penguatan nilai-nilai pancasila bagi kalangan mahasiswa sebagai identitas bangsa  yang diikuti oleh para mahasiswa NU, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila ( BPIP ) berupaya menjalin sinergitas hubungan antar lembaga bersama NU.

Seninar nasional yang dilakukan bekerjasama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama Se-Nusantara yang diadakan di Wisma Sinar Kasih, Kabupaten Cianjur, Jumat (29/11/2019) dilakukan untuk terus membumikan pancasila dikalangan milenial.

Ada berbagai aspek yang dibahas dalam seminar nasional yang dihadiri oleh Wakil Ketua Pengurus Cabang (PC) Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Cianjur,  Pipin S Arifin, Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama BPIP Elfrida Herawati Siregar, Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Lia Kian, Intelektual Muda NU, Faiz Yazid dan mahasiswa serta mahasiswi NU.

Dalam kesempatan itu Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Lia Kian yang menjadi pemateri menjelaskan awal mula kelahiran Pancasila.

Lia Kian pun menceritakan perjalanan Pancasila yang menjadi dasar negara.

Wakil Ketua Pengurus Cabang (PC) Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Cianjur,  Pipin S Arifin saat memberi sambutan dalam kegiatan menjalin sinergitas hubungan antar lembaga bersama NU melalui seminar nasional dengan tema gotong royong membumikan Pancasila dan penguatan nilai-nilai pancasila, Wisma Sinar Kasih, Kabupaten Cianjur, Jumat (29/11/2019).
Wakil Ketua Pengurus Cabang (PC) Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Cianjur,  Pipin S Arifin saat memberi sambutan dalam kegiatan menjalin sinergitas hubungan antar lembaga bersama NU melalui seminar nasional dengan tema gotong royong membumikan Pancasila dan penguatan nilai-nilai pancasila, Wisma Sinar Kasih, Kabupaten Cianjur, Jumat (29/11/2019). (TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho)

Tak hanya perjalanan Pancasila, Lia Kian juga menerangkan tokoh tokoh yang terlibat dalam perumusan Pancasila diantaranya adalah tokoh NU.

Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Lia Kian mengatakan bahwa pendidikan Pancasila itu bisa dibina melalui tiga pendekatan

Diantaranya adalah pendekatan kultural struktural dan intstitusional.

"Institusional itu bisa melalui pemerintah, melalui kementerian, kemudian bisa turun melalui perguruan tinggi, ormas, dan sebagainya," katanya usai mengisi materi.

Halaman
1234
Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved