Breaking News:

Borderline Economic Summit 2019

Borderline Economic Summit 2019 Digelar, Ini 5 Poin Kesepakatan 12 Kepala Daerah

Event ini bertujuan untuk mewujudkan sinergitas pembangunan wilayah dan kolaborasi lintas sektoral dalam rangka mendukung percepatan ekonomi

TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Acara Borderline Economic Summit (BES) 2019 di Hotel Royal Tulip, Sukaraja, Kabupaten Bogor, Kamis (12/12/2019). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, SUKARAJA - Bupati Bogor Ade Yasin menjelaskan bahwa Borderline Economic Summit (BES) 2019 adalah event yang digagas Pemkab Bogor bersama dengan 12 Kabupaten/Kota yang berbatasan.

Event ini bertujuan untuk mewujudkan sinergitas pembangunan wilayah dan kolaborasi lintas sektoral dalam rangka mendukung percepatan ekonomi melalui integrasi infrastruktur dan pengembangan kawasan serta promosi investasi.

"Sebab di perbatasan ini sulit pengembangan, bahkan tidak tersentuh pembangunan," kata Ade Yasin dalam acara BES 2019 di Hotel Royal Tulip Gunung Geulis Resort, Sukaraja, Kabupaten Bogor, Kamis (12/12/2019).

Pertemuan 12 perwakilan pemerintah daerah di Bogor ini, kata ade, merupakan pertemuan puncak setelah sebelumnya terlebih dahulu dilakukan pertemuan 12 Kepala Bappeda dari masing-masing daerah.

Dalam pertemuan 12 kepala daerah peserta BES 2019 ini, disepakati beberapa hal yang disebut dengan 'Protokol Bogor' sebagai berikut.

1. Mendukung agenda 2030 Pembangunan Berkelanjutan (the 2030 Agenda for Sustainable Development Goals atau SDGs) untuk perubahan ke arah pembangunan berkelanjutan berdasarkan hak asasi manusia, kesetaraan pembangunan sosial, ekonomi dan lingkungan hidup.

2. Mendukung 4 pilar SDGs, yakni Pembangunan Sosial, Pembangunan Ekonomi, Pembangunan Lingkungan, dan Pembangunan Hukum serta Tata Kelola.

3. Mewujudkan Panca Karya Presiden Joko Widodo, yaitu pembangunan SDM, Infrastruktur, Penyederhanaan Birokrasi dan Regulasi serta Transformasi Ekonomi untuk menuju Indonesia Maju dan menjadi empat besar ekonomi terkuat dunia pada tahun 2045.

4. Berkomitmen untuk bersama-sama membangun Infrastruktur yang menyambungkan kawasan perbatasan, sehingga saling terkoneksi untuk mendukung pengembangan Kawasan Industri Kecil, Kawasan Ekonomi, Kawasan Pariwisata, dan Kawasan Pertanian.

5. Menyepakati 8 fokus pembangunan regional lintas wilayah yang mencakup Pembangunan Infrastruktur, Aksesibilitas, Transportasi, Pelestarian Lingkungan, Pengembangan Pariwisata, Peningkatan Investasi dan Pengembangan Industri UMKM.

Diketahui, acara BES 2019 dihadiri Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Wali Kota bogor Bima Arya, Wali Kota Depok Muhammad Idris, Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi dan perwakilan kepala daerah Kabupaten/Kota yang lainnya.

Selain itu, hadir pula Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, Wakil Ketua DPRD Jabar Ahmad Ruyat dan sejumlah anggota DPR RI.(*)

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved