Breaking News:

Borderline Economic Summit

Menteri PPN Suharso Monoarfa Berharap BES 2019 Dicontoh Bagi Daerah-Daerah Lain

Dalam event BES 2019 ini sendiri, Suharso mengatakan bahwa semua yang dibahas termasuk mendesak.

Penulis: Naufal Fauzy | Editor: Damanhuri
TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, SUKARAJA - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Suharso Monoarfa mengatakan bahwa Borderline Economic Summit (BES) 2019 bisa jadi contoh bagi daerah-daerah lainnya.

"Acara seperti ini kan menembus kebuntuan. Mudah-mudahan dapat menjadi contoh bagi daerah-daerah lain," kata Suharso seusai menghadiri Borderline Economic Summit (BES) 2019 di Sukaraja, Kabupaten Bogor, Kamis (12/12/2019).

Dia mengatakan bahwa event yang melibatkan 12 pemerintah daerah yang mengeliling Kabupaten Bogor ini seperti berbentuk blok chain membahas pembangunan-pembangunan serta permasalahan yang ada.

Dalam event BES 2019 ini sendiri, Suharso mengatakan bahwa semua yang dibahas termasuk mendesak.

Namun yang terpenting adalah agenda dari masing-masing daerah sesuai kapasitasnya.

"Berpulang kepada masing-masing sendiri. Jadi bagaimana pertama harus jelas agendanya, agendanya mau diapakan," kata Suharso.

Ketika agenda itu diturunkan dalam bentuk program, kata dia, tak selamanya harus mengandalkan APBD atau APBN.

"Pembiayaan tidak selamanya dengan APBN, APBD. Ada sumber-sumber yang sifatnya dapat dikerjasamakan. Bekerja sama antara swasta dengan pemerintah itu bisa dilakukan. Jadi tidak selamanya harus APBN, tidak selamanya harus APBD. Tetapi ada alternatif pembiayaan yang dapat dikerjasamakan," ungkap Suharso.

Diketahui, fokus pembahasan dalam BES 2019 ini mencakup terkait pembangunam regional lintas wilayah antar 12 pemerintah daerah, seperti pembangunan infrastruktur, aksesibilitas, transportasi, pelestarian lingkungan, pengembangan pariwisata, leningkatan investasi dan pengembangan industri UMKM.

Acara BES 2019 ini dihadiri Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Wali Kota bogor Bima Arya, Wali Kota Depok Muhammad Idris, Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi dan perwakilan kepala daerah Kabupaten/Kota yang lainnya.

Selain itu, hadir pula Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, Wakil Ketua DPRD Jabar Ahmad Ruyat dan sejumlah anggota DPR RI.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved