Breaking News:

Tahun Baru 2020

Menteri ESDM Pastikan Pasokan BBM dan LPG Aman Selama Natal dan Tahun Baru

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif melakukan kunjungan ke Terminal BBM Jakarta Group untuk mengecek kesiapan BBM dan LPG

WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Petugas mengisi bahan bakar minyak jenis Premium ke tanki mobil konsumen di SPBU Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (15/1/2015). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif melakukan kunjungan ke Terminal BBM Jakarta Group untuk mengecek kesiapan BBM dan LPG selama Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru).

“Pertamina telah melakukan persiapan yang cukup dan siap menyalurkan BBM & LPG. Stok yang ada saat ini sudah memenuhi persyaratan ketahanan pasokan,” kata Arifin di Plumpang, Jakarta Utara, Senin (23/12/2019).

Untuk memastikan ketercukupan, Pertamina melakukan pemantauan 24 jam untuk mendeteksi masalah penyaluran dan segera dapat diatasi.

“Pertamina juga sudah mengaktifkan jaringan-jaringan untuk mendukung penyaluran BBM untuk masyarakat menjelang Natal dan Tahun Baru,” ujarnya lagi.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati menjelaskan Pertamina telah menyiapkan berbagai langkah untuk melayani masyarakat saat perayaan Natal dan liburan Tahun Baru 2020 dan memastikan pasokan BBM dan LPG dapat terpenuhi.

Antara lain dengan membentuk Satgas Natal dan Tahun baru 2019-2020 yang telah mulai bekerja sejak 3 Desember 2019 dan akan berakhir pada 8 Januari 2020.

“Ini 24 jam poskonya ada di seluruh kantor region Pertamina dari Sabang sampai Merauke,” ungkap Nicke.

Pada Nataru ini diprediksi ada peningkatan pemudik sekitar 3,4 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Berdasarkan data itu, Pertamina telah mempersiapkan tambahan pasokan, masing-masing Gasoline sebesar 3,9 persen dan Gasoil 7,2 persen.

Untuk ketahanan stok nasional, BBM jenis Gasoline berada pada kisaran 19 hari, Gasoil sebanyak 16 hari, sedangkan LPG sebanyak 17 hari.

Sedangkan untuk layanan LPG, Pertamina telah menyiagakan 638 SPBBE (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji), 3.264 agen LPG (baik PSO maupun NPSO) dan 32.258 pangkalan LPG siaga.

Dengan jumlah titik layanan sebanyak itu, maka Pertamina memastikan layanan kebutuhan LPG tetap dapat terlayani dengan baik selama masa Natal dan Tahun Baru.

“Kami juga menyediakan fasilitas pengaduan atau kebutuhan informasi yang diperlukan masyarakat dengan menghubungi Pertamina Call Center 135,” kata Nicke.

(Tribunnews.com, Reynas Abdila) 

Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved