Antisipasi Bencan Alam, Danrem Suryakancana Ingatkan Potensi SAR Ancaman Banjir dan Longsor

Danrem 061 Suryakancana Kolonel Inf Novi Helmy Prasetya memimpin apel kesiapsiagaan bencana alam di wilayah Bogor dan sekitarnya.

TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Apel kesiapsiagaan bencana alam yang melibatkan instansi gabungan digelar di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis (26/12/2019). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Apel kesiapsiagaan bencana alam yang melibatkan instansi gabungan digelar di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis (26/12/2019).

Apel ini dipimpin oleh Komandan Komando Resor Militer (Korem) 061 Suryakancana Kolonel Inf Novi Helmy Prasetya.

Apel ini melibatkan sejumlah potensi SAR mulai dari TNI, Polisi, PMI, BPBD dan Tagana, acara ini juga dibalut dengan simulasi penanggulangan bencana.

Danrem 061 Suryakancana Kolonel Inf Novi Helmy Prasetya menjelaskan bahwa selain di Bogor, acara ini juga serentak dilakukan dilakukan di wilayah Cianjur dan Sukabumi.

"Penanggaulangan bencana alam ini kita laksanakan di wilayah Korem (061), mulai dari Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Cianjur, Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi dilaksanakan secara serentak," kata Kolonel Inf Novi Helmy Prasetya saat ditemui TribunnewsBogor.com seusai apel tersebut.

Apel kesiapsiagaan bencana ini, kata dia setidaknya bisa menyiagakan pasukan penanganan bencana sulit diprediksi.

"Ini sangat penting sekali, ada gambaran, kemudian titik-titik yang ada di wilayah atau di daerah itu tentunya berbeda, itu yang perlu diwaspadai. Demikian juga himbauan kepada masyarakat terutama di tempat atau di daerah-daerah yang rawan bencana," katanya.

Di tiap wilayah, menurutnya ada kerawanan bencana termasuk Bogor, Sukabumi, Cianjur yang meliputi rawan longsor, banjir dan puting beliung.

"Diharapkan dengan adanya kesiapsiagaan ini, ini kan tiap tahunnya bencana selalu di akhir tahun atau awal tahun, maka ini memelihara supaya ada sinergitas perpaduan antar instansi dalam menghadapi bencana," ungkapnya.

Dalam apel ini hadir pula, Kapolres Bogor, Dandim 0621 Kabupaten Bogor, Kepala BPBD Kabupaten, Wakil Bupati Bogor, Ketua DPRD Kabupaten Bogor dan yang lainnya.(*)

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Soewidia Henaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved