Breaking News:

Banjir Awal Tahun 2020

Menteri PUPR Basuki Yakin Istana Tak Akan Kebanjiran Meski Pintu Air Manggarai Dibuka

Mulanya, Basuki menjelaskan banjir atau tidaknya Istana Kepresidenan bergantung dengan dibuka atau tidaknya Pintu Air Manggarai.

Dokumentasi Kementerian PUPR
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau lokasi terdampak banjir di Jakarta, Rabu (1/1/2020).(Dokumentasi Kementerian PUPR) 

TRIBNNEWSBOGOR.COM -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meyakini Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta tidak akan banjir meski Pintu Air Manggarai dibuka.

Mulanya, Basuki menjelaskan banjir atau tidaknya Istana Kepresidenan bergantung dengan dibuka atau tidaknya Pintu Air Manggarai.

Bila debit air di Pintu Air Manggarai sudah terlampau penuh dan mengharuskan dibuka, Istana Kepresidenan bisa kebanjiran.

Namun hal itu bisa dihindari dengan memompa air sungai terdekat.

Ia pun telah mengecek kondisi pompa di sekitar Istana dan semuanya siap dioperasikan

. Sehingga, sekalipun Pintu Air Manggarai dibuka, Istana tetap tak kebanjiran karena ada pompa air di sekitarnya yang memompa air ke sungai terdekat.

"Kalau pompa siap, Insyaallah sini enggak akan kebanjiran. Kalau hujan, saya langsung cek pompa di sini. Karena kalau Siaga I ini (Pintu Air Manggarai) harus dibuka. Kalau dibuka pasti kena sini (Istana). Tapi kalau di sini ada pompa yang jalan, kalau pompa jalan aman," kata Basuki usai rapat terbatas soal penanganan banjir di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (3/1/2020).

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat jumlah titik banjir yang melanda Jabodetabek dan Lebak, Banten mencapai 182 titik.

Kepala Pusat Data Informasi dan hubungan Masyarakat BNPB Agus Wibowo menyampaikan, jumlah tersebut merupakan data terbaru per Jumat (3/1/2020) pagi pukul 09.30 WIB.

Jumlah titik banjir terbanyak tercatat di Kota Bekasi sebanyak 58 titik.

Halaman
12
Editor: Ardhi Sanjaya
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved