Ini 5 Posko Bantuan Bencana di Kabupaten Bogor yang Ditetapkan BPBD

Iwan Setiawan mengatakan bahwa bantuan logistik yang disalurkan ke beberapa titik pengungsian korban longsor dan banjir di Kabupaten Bogor.

Ini 5 Posko Bantuan Bencana di Kabupaten Bogor yang Ditetapkan BPBD
TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Posko Terpadu Penanggulangan Bencana Kabupaten Bogor di Cibinong 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan mengatakan bahwa bantuan logistik yang disalurkan ke beberapa titik pengungsian korban longsor dan banjir di Kabupaten Bogor tergolong cukup banyak.

Bahkan bantuan logistik yang terkumpul di Posko Terpadu Penanggulangan Bencana Kabupaten Bogor di Cibinong bisa disalurkan 5 kali bahkan lebih dalam sehari menggunakan helikopter ke lokasi bencana yang terisolir.

"Makanya, untuk masyarakat distribusi logistik itu terus-terusan. Hari ini saja sampai sore tadi udah 5 helikopter," kata Iwan Setiawan kepada TribunnewsBogor.com, Selasa (7/1/2020).

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Yani Hasan mengatakan bahwa ada 4 posko dan 1 posko pusat yang ditunjuk oleh BPBD.

Di posko-posko ini, sumbangan atau bantuan kemanusian untuk para korban bisa ditampung untuk disalurkan.

Sehingga tak perlu berbondong-bondong ke lokasi bencana melintasi akses yang berat dan jauh.

Posko Terpadu Penanggulangan Bencana Kabupaten Bogor di Cibinong
Posko Terpadu Penanggulangan Bencana Kabupaten Bogor di Cibinong (TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy)

Pertama adalah Posko Bencana Pusat yang ada di Cibinong, Kabupaten Bogor.

Sementara untuk posko lainnya ditunjuk di 4 titik.

"Konsetrasi di 4 kecamatan, Sukajaya, Cigudeg, Nanggung, Jasinga. Untuk lapangan yang Sukajaya karena kantor kecamatannya belum terbuka, ada pos lapangan Desa Sukajaya. (Posko) Masing-masing di kantor kecamatan, cuma satu yang di luar kecamatan," kata Yani Hasan.

Berdasarkan Posko Terpadu Penanggulangan Bencana Kabupaten Bogor, ada beberapa bantuan logistik yang dibutuhkan para korban bencana.

Diantaranya adalah, pakaian laik pakai, makanam siap saji atau kalengan, mie instan, susu bayi, popok bayi, terpal, matras, tikar anti air, selimut dan sembako.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved