Polisi Amankan Vespa yang Dimodifikasi Mirip Mobil Formula 1 di Garut

spesifikasi Vespa tersebut tidak sesuai dengan pabrikan dan melanggar Pasal 228 ayat 1 dan Pasal 71 ayat 1 UU sehingga langsung diamankan.

Polisi Amankan Vespa yang Dimodifikasi Mirip Mobil Formula 1 di Garut
Kompas.com
KBO Satlantas Polres Garut memeriksa Vespa modifikasi jadi Formula 1 yang diamankan jajaran Satlantas Polres Garut, Selasa (7/01/2020).(KOMPAS.COM/ARI MAULANA KARANG) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Sebuah motor vespa yang dimodifikasi hingga mirip tampilan mobil Formula 1 (F1) diamankan jajaran Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Garut.

Mobil F1 rakitan itu diamankan oleh polisi saat melakukan pengamanan malam tahun baru 2020 lalu.

“Dilakukan penindakan saat pengamanan tahun baru di Bundaran Suci,” jelas Kepala Bagian Operasi (KBO) Satlantas Polres Garut Iptu Erwin Hermawan, saat ditemui Selasa (7/01/2020) di Mapolres Garut.

Menurut Erwin, spesifikasi Vespa tersebut tidak sesuai dengan pabrikan dan melanggar Pasal 228 ayat 1 dan Pasal 71 ayat 1 UU sehingga langsung diamankan.

Apalagi, surat-surat kendaraan juga tidak lengkap.

“Karena kalau dilihat pendek seperti itu, keselamatannya kurang, bisa dibayangkan kalau ada pengemudi truk tidak melihat kendaraan itu,” katanya.

Selain itu, motor itu melanggar pasal 50 ayat 1 dan pasal 71 ayat 1 Undang-undang No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Kanit Regiden Satlantas Polres Garut, Iptu Bagus Yudho di tempat yang sama, menuturkan, motor tersebut bisa saja diambil kembali oleh pemiliknya, dengan syarat sang pemilik harus bisa menunjukan surat-surat resmi dan mengembalikan kendaraannya pada bentuk asli.

“Kalau mau seperti itu, harus Rubentina (rubah bentuk ganti warna) dulu, itu pun tidak mudah, harus ada keterangan dari bengkel baru dimasukan ke BPKB. Tapi nanti juga tidak sesuai dengan fakturnya, karena ini kendaraan roda dua (jadi roda empat),” katanya.

Motor modifikasi Vespa F1 yang diamankan Satlantas Polres Garut sendiri sempat mengundang perhatian warga media sosial Garut setelah foto motor tersebut diunggah lewat akun Instagram @satlantaspolresgarut.

Foto tersebut ditambahi keterangan, “Penindakan pelanggaran terhadap kendaraan yang tidak layak. Mungkin masih rekanan dengan M Schumacher...”.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Polisi Garut Amankan Vespa yang Dimodifikasi Mirip Formula 1"

Editor: Ardhi Sanjaya
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved