Padi Varietas Inpari IR Nutri Zinc Dinilai Dapat Cegah Stunting, Ini Penjelasannya

Padi varietas Inpari IR Nutri Zinc diklaim dapat mencegah terjadinya stunting atau kekerdilan.

Padi Varietas Inpari IR Nutri Zinc Dinilai Dapat Cegah Stunting, Ini Penjelasannya
Warta Kota/adhy kelana
Petani tengah memanen padi di sebidang sawah yang dikelilingi oleh perumahan mewah. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR BARAT - Padi varietas Inpari IR Nutri Zinc diklaim dapat mencegah terjadinya stunting atau kekerdilan.

Padi jenis varietas Inpari IR Nutri Zinc saat ini sedang dikembangkan di Kota Bogor oleh Kelompok Tani Delima di Kelurahan Situ Gede, Kecamatan Bogor Barat.

Penyuluh Pertanian Kelurahan Situ Gede pada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bogor, Muhammad Jono mengatakan, Kelompok Tani Delima mengatakan padi tersebut sudah memasuki usia tanam sekitar dua bulan sejak ditanam pada November 2019.

Jono menjelaskan bahwa pengembangan padi varietas Inpari IR Nutri Zinc di wilayah Kota Bogor merupakan bagian implementasi dari Kementerian Pertanian dalam upaya pencegahan stunting.

"Inpari IR Nutri Zinc kaya akan Zn dengan kandungan rata-rata sebesar 34,51 ppm, padi ini memiliki kandungan Zn yang tinggi sehingga dapat mencegah stunting, khususnya untuk asupan bagi ibu-ibu yang sedang menyusui anaknya," ujarnya, Kamis (9/1/2020).

Recananya Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian akan melakukan pengadaan benih padi tersebut.

"Rencananya itu untuk disebar pada lahan sawah seluas 50 hektar dengan target produksi mencapai 350 ton gabah," katanya.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved