Breaking News:

Banjir Awal Tahun 2020

Strategi Anies Atasi Banjir di Jakarta, Akan Terapkan Sistem Door to Door

Anies mengaku akan menerapkan sistem peringatan dini baru bagi warga Jakarta untuk mengantisipasi banjir yang bisa datang kapan saja.

Kompas.com
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Hotel Sari Pan Pacific, Senin (12/3/2018).(KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan punya strategi baru antisipasi dan mengatasi banjir di Jakarta.

Anies mengaku akan menerapkan sistem peringatan dini baru bagi warga Jakarta untuk mengantisipasi banjir yang bisa datang kapan saja.

Menurutnya, sistem peringatan dini ini dibuat berdasarkan hasil evaluasi dari banjir besar yang terjadi di awal tahun 2020 lalu. 

"Pengalaman kemarin, terjadi kenaikan muka air itu dini hari, pukul 02.00 WIB hingga 04.00 WIB. Para tokoh masyarakat sudah mengabarkan kepada warganya, tapi banyak yang mengabarkan lewat komunikasi telepon di saat orang sedang tidur," ucapnya, Jumat (10/1/2020).

Untuk itulah, orang nomor satu di Jakarta ini mengaku akan membuat posko pemantau banjir di setiap kelurahan di wilayahnya.

Nantinya, petugas posko yang akan langsung turun mengabarkan kepada masyarakat jika mulai ada kenaikan muka air.

"Petugas posko kami instruksikan untuk turun langsung ke lapangan, door to door," ujarnya di Kementerian BUMN, Gambir, Jakarta Pusat.

Adapun tujuan dari penerapan sistem baru ini ialah agar seluruh masyarakat bisa mendapat informasi akan adanya potensi banjir di wilayahnya.

Sehingga mereka bisa bersiap diri menghadapi banjir yang bisa kapan saja merendam tempat tinggalnya.

"Tujuannya bila kejadiannya di malam hari, apalagi dini hari, masyarakat tidak ngecek telepon karena pemberitahuan lewat telepon tidak efektif," ujarnya di Kementerian BUMN, Gambir, Jakarta Pusat.

Halaman
123
Editor: Ardhi Sanjaya
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved