Breaking News:

Bogor Diterjang Longsor

Surat-Surat Penting Hilang dan Rusak Karena Bencana, Pemkab Bogor Imbau Lapor ke Posko Terdekat

surat penting seperti KTP, akta kelahiran, kartu keluarga (KK) hingga ijazah milik para korban banjir dan longsor banyak yang hilang.

TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Warga di Desa Urug, Kecamatan Sukajaya menemukan ijazah yang sempat hanyut terbawa banjir, Sabtu (11/1/2020). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, SUKAJAYA - Surat-surat penting seperti kartu tanda penduduk (KTP), akta kelahiran, kartu keluarga (KK) hingga ijazah milik para korban banjir dan longsor banyak yang hilang di lokasi bencana.

Terlebih, ribuan rumah warga di Kabupaten Bogor hancur beserta isinya diterjang banjir dan longsor yang melanda pada Rabu (1/1/2020) pekan lalu ini.

Dinas-dinas terkait sudah melakukan rapat terkait hal ini atas instruksi Bupati Bogor Ade Yasin.

Pemkab Bogor sudah menbentuk tim khusus terkait penanganan permasalahan ini.

Warga korban bencana yang merasa kehilangan atau mengalami kerusakan terhadap surat-surat penting yang dimiliki bisa melapor ke Posko Bencana di kecamatan atau desa masing-masing.

"Untuk ijazah yang hilang nanti akan ada surat keterangan dari Dinas Pendidikan," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor Entis Sutisna kepada TribunnewsBogor.com, Sabtu (11/1/2020).

Berlaku pula untuk surat-surat penting kependudukan seperti KTP, KK dan yang lainnya.

Masyarakat bisa datang ke posko di wilayah masing-masing untuk melaporkannya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor, Otje Soebagja menambahkan bahwa semua pelayanan ini dibuka secara gratis.

"Masyarakat yang terkena bencana alam hanya cukup melaporkan ke posko terdekat yang ada di desa yang tidak terkena dampak bencana dan semuanya gratis. Setelah verifikasi data kita upayakan jika situasi dan kondisi yang memungkinkan langsung kita cetak atau terbitkan dokumen-dokumen administrasi kependudukan tersebut," kata Otje Soebagja.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved