Penambang Liar di Bogor

Bos Tambang di Bogor Pekerjakan 50 Orang, Tiap Lubang Galian Emas Diberi Nama

Kapolres Bogor AKBP Muhammad Joni menjelaskan lubang-lubang galian emas ilegal ini memiliki rata-rata kedalaman sampai 200 meter.

Bos Tambang di Bogor Pekerjakan 50 Orang, Tiap Lubang Galian Emas Diberi Nama
TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
dua bos penambang emas ditangkap Polres Bogor 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Bos tambang emas ilegal di Bogor memperkerjakan sampai 50 orang untuk satu lubang galian.

Kapolres Bogor AKBP Muhammad Joni menjelaskan lubang-lubang galian emas ilegal ini memiliki rata-rata kedalaman sampai 200 meter.

"Satu lobang itu minimal dipekerjakan 40 - 50 orang (penambang liar). Lubang-lubang ini kedalamannya macem-macem, bisa 100 sampai 200 meter," kata AKBP Muhammad Joni dalam jumpa pers di Mapolres Bogor, Senin (13/1/2020).

Selain itu, lubang-lubang galian emas ilegal ini juga memiliki nama julukan masing-masing.

Terlebih, lokasinya juga cukup jauh dari pemukiman serta para penambang emas tanpa izin (PETI) atau gurandil ini bisa menetap di lokasi tambang berhari-hari sampai berminggu-minggu.

"Kemudian tambangnya sendiri dari tempat pengolahan itu kurang lebih jalan kaki sekitar 4-5 jam karena akses harus melewati pegunungan dan hutan. Tiap lubang ada namanya, tergantung nama mereka masing-masing dan ada nama julukan versi mereka sendiri," kata Joni.

Diketahui, dua bos penambangan emas ilegal di wilayah Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor ditangkap polisi.

MAR (24) dan ATA (33) yang merupakan bos yang menggerakan para penambang emas tanpa izin (PETI) atau gurandil.

Kapolres Bogor AKBP Muhammad Joni menjelaskan bahwa sebelunya pihaknya sudah melakukan sosialisasi supaya tidak ada lagi kegiatan-tambang tambang liar di Bogor.

"Makanya yang kita tangkap ada pemodal dan pengusaha pengolahannya, bukan yang menambang liarnya. Masyarakat yang menambang liar hanya kita jadikan saksi saja," ungkap Joni.

Kedua pelaku dikenakan pasal 158 dan 161 UU nomor 4 tahun 2009 tentang pertambangan minerba atau mineral dan batu bara dengan acamannya kurungan di atas 10 tahun.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved