Hasil Survei Kepuasaan Pelanggan PDAM, Masih Ada Keluhan Soal Distribusi Air di Bogor Barat

Tingkat kepuasan pelanggan PDAM Tirta Pakuan, Kota Bogor berada pada tingkat 74 persen di tahun 2019.

Hasil Survei Kepuasaan Pelanggan PDAM, Masih Ada Keluhan Soal Distribusi Air di Bogor Barat
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Tingkat kepuasan pelanggan PDAM Tirta Pakuan, Kota Bogor berada pada tingkat 74 persen di tahun 2019. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Tingkat kepuasan pelanggan PDAM Tirta Pakuan, Kota Bogor berada pada tingkat 74 persen di tahun 2019.

Hasil tersebut berdasarkan survei yang disampaikan Sekolah Bisnis IPB di Ruang Pelican Gedung C Sekolah Bisnis IPB, Jalan Raya Pajajaran, Kota Bogor, Senin (13/1/2020).

Dekan sekolah bismis IPB Prof Dr Noer Azam Achsani mengatakan bahwa Indeks Kepuasan Pelanggan (IKP) digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan terhadap PDAM Tirta Pakuan.

"CSI mencerminkan tingkat kepuasan konsumen secara menyeluruh dengan memperhatikan tingkat kepentingan dan nilai kinerja konsumen terhadap atribut- atribut yang dimiliki oleh produk atau jasa yang digunakan oleh konsumen," ujarnya.

Sementara itu Dosen Sekolah Bisnis IPB Fithriyyah shalihati menyampaikan bahwa hasil penelitian bahwa Indeks Kepuasan Pelanggan (IKP) untuk pelayanan produk memiliki nilai 74% dan masuk ke dalam kategori puas

"IKP untuk pelayanan jasa memiliki nilai 74 persen dan masuk ke dalam kategori pua, IKP pelayanan produk tertinggi sebesar 78 perse yang masuk kategori puas berada pada Zona 1 dan Zona 5," katanya.

Meski berada diangka puas, namun masih ada beberapa pelanggan yang berada di zona 5 yakni wilayah Bogor Barat yang merasa kurang puas.

Komisi Kerjasama IPB Suhendi mengatakan bahwa di zona tersebut keluhan yang disampaikan pelanggan berada pada kualitas air dan distribusi air.

"Ada beberapa atribut yang perlu diperbaiki dan ditindaklanjuti khususnya pada atribut kualitas pengaliran air pada musim kemarau, kualitas pengaliran air pada musim penghujan, kontinuitas aliran air, kompensasi atas gangguan pelayanan, kompensasi atas penyelesalan klaim tagihan pembayaran," ujarnya.

Adanya keluhan pelanggan di wilayah Bogor Barat juga diakui oleh Manager Humas dan Pelayanan Pelanggan Jamalis.

Dengan adanya hasil survei itu pihak PDAM akan melakukan perbaikan pelayanan.

"Tadi laporan secara umum hasil kajian ini menjadi skala prioritas kita kedepan, iya tadi ada hasil survey yang menyebutkan di zona 5 ada ketidak puasan yakni di Bogor Barat,"Katanya.

Terkait adanya gangguan distribusi air Jamalis mengklaim bahwa suplai air masih terus berjalan.

"Saat pemakaian banyak itu pagi pagi itu suplai air masih ada namun karena tingginya pemakaian secara bersama sama kemudian distribusi air berkurang tapi air ada hanya saja pembagian antar pelanggannya, dengan data data yang kita peroleh sekarang bisa menjadi acuan kita akan melangkah kemana untuk menjadi skala prioritas," ujarnya.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved