Breaking News:

Ipar Jokowi Disebut Bakal Ikut Pilkada Gunungkidul, Masih Tunggu Keputusan DPP Nasdem

Sebelumnya, Nasdem Gunungkidul sudah melakukan penjaringan bakal calon Bupati Gunungkidul sejak September 2019.

Kompas.com
Bakal calon Bupati Gunungkidul yang juga adik ipar Jokowi, Wahyu Purwanto 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Adik ipar Presiden Joko Widodo, Wahyu Purwanto, disebut-sebut bakal ikut dalam Pemilihan Kepala Daerah di Gunungkidul, Yogyakarta.

Wahyu kemungkinan akan diusung Partai NasDem. Terkait kabar itu, Ipar Jokowi Wahyu Purwanto enggan berkomentar saat dikonfirmasi.

Namun, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Nasdem Gunungkidul Suparjo membenarkan suami dari adik kandung Jokowi itu sudah mendaftarkan diri sebagai calon Bupati Gunungkidul.

DPD Nasdem Gunungkidul sudah menyodorkan nama Wahyu Purwanto dan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul Bahron Rasyid sebagai pasangan calon ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem.

“Surat rekomendasi turun sekitar Februari atau Maret nanti. Keputusan tergantung pusat,” kata Suparjo saat dihubungi, Senin (13/1/2020).

Sebagai informasi, dalam Pilkada Gunungkidul 2020, NasDem yang punya sembilan kursi di DPRD kabupaten tersebut, bisa mencalonkan sendiri calon usungannya.

Hanya saja, Suparjo tidak menutup peluang adanya koalisi dengan partai lain untuk mengusung Wahyu Purwanto dan Bahron.

“Koalisi masih lihat kanan-kiri, melakukan komunikasi dengan parpol lainnya. Kami tetap terbuka untuk berkoalisi,” kata Suparjo.

Kasus Suap Wahyu Setiawan, KPK Geledah Kantor KPU

Putra Mahkota Abu Dhabi Diminta Jokowi Jadi Ketua Dewan Pengarah Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur

Terkait Wahyu Purwanto yang merupakan keluarga Jokowi, DPW NasDem Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengakui hal itu menjadi salah satu pertimbangan.

Selain itu, Wahyu Purwanto dianggap sudah berkomitmen untuk membangun Gunungkidul sejak menjadi Rektor Universitas Gunungkidul.

Wahyu Purwanto juga dipandang sudah mendampingi petani dan warga lainnnya.

“Kalau bisa menang (pilkada) koordinasi dengan pusat kan lebih mudah, tetapi faktor keluarga presiden itu hanya satu faktor saja. Faktor lainnya komitmen Pak Wahyu membangun Gunungkidul sudah sejak lama,” kata Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem DIY Suharno saat dihubungi.

Sebelumnya, Nasdem Gunungkidul sudah melakukan penjaringan bakal calon Bupati Gunungkidul sejak September 2019.

Ada 10 orang yang mengikuti penjaringan, dan menyampaikan visi dan misi pada Oktober 2019 lalu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pencalonan Ipar Jokowi Sebagai Cabup Gunungkidul Tergantung DPP Nasdem", .
Penulis : Kontributor Yogyakarta, Markus Yuwono
Editor : Teuku Muhammad Valdy Arief

Editor: khairunnisa
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved