Bogor Diterjang Longsor

Pemprov Jabar Sempat Dikritik Tak Peduli Bencana di Bogor, Begini Pembelaan Wagub Uu

Beberapa waktu lalu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat sempat dikritik karena dinilai kurang tanggap terhadap bencana yang terjadi di Bogor.

Pemprov Jabar Sempat Dikritik Tak Peduli Bencana di Bogor, Begini Pembelaan Wagub Uu
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, SUKAJAYA - Beberapa waktu lalu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat sempat dikritik karena dinilai kurang tanggap terhadap bencana yang terjadi di Bogor.

Hal itu disampaikam oleh Komisi V DPRD Jawa Barat, Asep Wahyu Wijaya saat berkunjung ke Cibinong, Kabupaten Bogor pada Rabu (8/1/2020) lalu.

Selain itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang tak kunjung meninjau langsung ke lokasi bencana di Bogor dinilai ke kenak-kanakan hanya karena masalah politik.

Semua itu dijawab oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum dengan meninjau langsung kondisi lokasi bencana di Sukajaya, Kabupaten Bogor, Rabu (15/1/2020).

"Saya ditugaskan oleh Pak Gubernur sebagai kepala daerah Provinsi Jabar untuk datang ke tempat ini. Pak Gubernur memerintahkan, Pak Uu tolong datang ke situ, temui Bupati apa yang diharapkan dan diminta untuk dirapatkan tingkat provinsi dan nanti dilaporkan ke pemerintah pusat," kata Uu Ruzhanul Ulum.

Uu mengaku sudah berkomunikasi dengan Bupati Bogor Ade Yasin dan juga masyarakat di lokasi bencana banjir dan longsor di Sukajaya.

Seperti mengecek bantuan stok makanan, pakaian, kesehatan yang sudah tertangani dibantu berbagai badan dan instansi yang menurutnya sudah lengkap.

Kemudian menampung permintaan bupati yang ingin segera memindahkan para pengungsi ke hunian sementara (huntara) dan juga meminta bantuan untuk rencana relokasi nanti.

"Besok Pak Gunernur akan lapor ke Pak Presiden termasuk menteri di sana. Sehingga apa yang dilihat dan dingar oleh saya hari ini akan langsung disampaikan kepada Pak Gubernur," kata Uu.

Uu meminta jangan ada anggapan Ridwan Kamil atau Pemprov Jabar tidak peduli terhadap bencana yang ada di Kabupaten Bogor.

"Saya sangat menyesalkan. Kang Emil sudah datang ke sini, kemarin juga saya sudah datang ke sini. Hari ini datang lagi, kemudian BNPB tingkat provinsi hadir di sini, yang lain juga hadir. Artinya kami peduli terhadap kejadian yang ada di Kabupaten Bogor. Bukan hanya di Bogor, termasuk Bekasi dan juga di tempat yang lainnya. Jadi tidak benar Pemprov Jabar tidak peduli terhadap bencana yang ada di wilayah Jawa Barat ini," pungkas Uu.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved