Bima Arya : Pemindahan Ibu Kota Indonesia Bisa Jadi Peluang Untuk Kota Bogor

Kajian tersebut dilakukan oleh Kepala Pusat Pengkajian Perencanaan Pengembangan Wilayah (P4W) IPB University, Ernan Rustiadi dan tim

Bima Arya : Pemindahan Ibu Kota Indonesia Bisa Jadi Peluang Untuk Kota Bogor
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto (tengah) 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Pemerintah Kota Bogor bersama IPB University bekerja sama melakukan kajian terkait pengembangan wilayah Bogor Raya, dan dampak pemindahan ibu kota terhadap Kota Bogor.

Kajian tersebut dilakukan oleh Kepala Pusat Pengkajian Perencanaan Pengembangan Wilayah (P4W) IPB University, Ernan Rustiadi dan tim

Dari pemaparan hasil kajian, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengayakan bahwa pihaknya meminta secara khusus tim untuk mengkaji apa dampak dari pindahnya Jakarta atau ibukota Indonesia ke Kalimantan.

"Tadi yang disampaikan adalah hal yang sangat menarik, bahwa kota Bogor ini tingkat kemandirian ekonominya sangat tinggi, tidak tergantung pada Jakarta jika dibandingkan kawasan yang lain," kata Bima Rabu (15/1/2020) sore di Balaikota Bogor.

Bima mengatakan jika Ibu Kota Indonesia dipindahkan maka ada 30 persen yang hilang bisa digantikan oleh Bogor untuk meningkatkan struktur ekonominya.

"Jadi walaupun Jakarta tidak menjadi ibukota, tetapi tetap di kawasan daerah ekonomi khusus, itu juga mendatangkan peluang bagi kota Bogor," kata Bima

Menurutnya, perpindahan ibu kota baru tidak berpengaruh bagi kota Bogor, Justru akan menimbulkan peluang.

Bima mengatakan kunjungan pemerintahan ke Kota Bogor bisa diganti dengan masuknya wisatawan dan individual travelers .

"Makanya arah kita sudah on the track, ketika kita mengembangkan destinasi-destinasi wisata baru di Kota Bogor, sport tourism, heritage city, ini antara lain untuk mengantisipasi itu, kajian ini menimbulkan optimisme kita dalam menjadikannya tergantung bisa peluang atau tidak," katanya.  

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved