Kabar Terbaru Soal Rencana Penggunaan Trem di Kota Bogor, Ini Kata Wakil Wali Kota

Sejak tahun 2019, Pemerintah Kota Bogor sudah memiliki rencana untuk menerapkan transportasi masal berbasis rel tram

TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim melakukan peninjauan pedestrian di seputa Alun-alun Empang, Jalan Pulo Empang, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jumat (17/1/2020). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Sejak tahun 2019, Pemerintah Kota Bogor sudah memiliki rencana untuk menerapkan transportasi masal berbasis rel trem atau kereta listrik yang beropersional di dalam kota.

Rencana itu terus dimatangkan dengan berbagai persiapan.

Beberapa proses persiapan penunjang penerapam trem di Kota Bogor pun sudah dilakukan.

Mulai dari melakukan kunjungan ke Belanda untuk meninjau trem hibah dari belanda hingga mendatangi pabrik pembuatan trem milik Indonesia di Madiun.

Selain itu Pemerintah Kota Bogor juga menjalin kerjasamaa dengan Colas Rail untuk membuat kajian kelayakan penerapan transportasi masal berbasis rel jenis trem di Kota Bogor.

Pemkot Bogor Ajukan Shuttle trem untuk Desain Perencanaan Pembangunan Alun-alun Kota Bogor

Kajian yang dilakukan kurang lebih enam bulan ini pun sudah mendapatkan hasil.

Paparan kajian awal soal trem tersebut disampaikan oleh Colas Rail, Iroda dan Egis sebagai konsultan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dengan didampingi Badan Pengelolaan Transportasi Jabodetabek (BPTJ) di Balaikota Bogor ruang Paseban Narayana, Balai Kota Bogor pada Jumat (17/1/2020)

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim mengatakan bahwa hasil sementara kajian menunjukan bahwa trem itu sangat layak diimplementasikan di Kota Bogor

"Dari sudut kebutuhan perkotaannya memenuhi, dari sisis infrastruktur yang ada juga memenuhi, terkait lokasi ketinggian jalan jembatan kemiringan atau sudut jalan menurut mereka semua memenuhi," katanya.

Halaman
12
Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved