Breaking News:

Jokowi Tinjau Kampung Longsor di Bogor

Jokowi Sebut Pemerintah Sudah Siap Merelokasi Korban Bencana di Bogor : Tingal Penentuan Lokasi

Presiden Jokowi mengatakan bahwa pihak pemerintah sudah siap merelokasi para warga korban terdampak banjir dan longsor di Kabupaten Bogor.

TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kunjungi lokasi kampung mati di Kampung Banar dan Kampung Sinar Harapan, Desa Harkatjaya, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Senin (3/2/2020). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, SUKAJAYA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa pihak pemerintah sudah siap merelokasi para warga korban terdampak banjir dan longsor di Kabupaten Bogor.

Namun, kata dia, dirinya masih menunggu penentuan tempat relokasi oleh Bupati Bogor Ade Yasin dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Kita sudah siap. Hanya tinggal penentuan lokasi oleh Pak Gubernur dan Bu Bupati," kata Jokowi saat berkunjung ke lokasi bencana di Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Senin (3/2/2020).

Dia mengatakan bahwa dia sudah berpesan kepada Bupati Bogor dan Gubernur Jabar untuk segera menentukan lokasi relokasi secepatnya.

Lokasi Bencana yang Didatangi Jokowi Belum Teraliri Listrik, Ini Harapan Warga Sukajaya Bogor

Jika relokasi nanti menggunakan lahan PT Perkebunan Nusantara (PTPN), Jokowi mengaku akan membantu dorong.

"Tadi saya sampaikan agar nanti Bu Bupati dan Pak Gubernur menentukan lokasi secepatnya. Kalau memang itu memakai lahan PTPN, nanti itu bagian dari pemerintah pusat, akan saya langsung perintahkan kepada Menteri BUMN untuk segera diberikan secepat-cepatnya. Begitu Land clearing, PU langsung masuk secepatnya," ungkap Jokowi.

Diketahui, dalam bencana banjir dan longsor yang melanda Kabupaten Bogor pada 1 Januari 2020 lalu, menurut data terakhir ada 4.051 rumah rusak meliputi wilayah Kecamatan Sukajaya, Nanggung dan Cigudeg.

Sedangkan rumah terdampak bencana terbanyak ada di wilayah Kecamatan Sukajaya yang mencapai 3.183 rumah.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Mohamad Afkar Sarvika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved